ISLAM DAN TANTANGAN DEMOKRATISASI DI INDONESIA

Abd Hadi Wahib

Abstract


Banyak kelompok ummat Islam di Indonesia, yang sebenarnya tidak lagi mempertentangkan Islam dan demokrasi. Namun demikian, masih banyak pula mereka yang mempertentangkan secara nyata bahwa Islam bertentangan dengan demokratsi. Namun demikian harus diakui bahwa warna demokrasi di Indonesia akan sangat kental dengan pandangan religiousitas masyarakatnya. Alternatif bentuk demokrasi mungkinakan terus menimbulkan polemik. Sebagian kelompok Muslimin bahkan hendak meninggalkan sistem demokrasi yang ada dengan konsep khilafah. Kelompok ini “tidak mengakui demokrasi yang sedang berlangsung pada saat ini. Akan tetapi, Indonesia telah berhasil menciptakan sistem ketata negaraan yang demokratis, bahkan, menurut Anwar Ibrahim, lebih baik dari pada pelaksanakaan demokrasi di negara-negara maju tidak terkecuali Amerika Serikat

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin, ``Relevansi Studi Agama-Agama dalam Lingkungan Millenium Ketiga (mempertimbangkan kembali Metodologi Filsafat Keilmuan Agama dalam upaya memecahkan persoalan keagamaan kontemporer),`` dalam Ulumul Qur`an, No. 5 VII/ (1997), pp. 56-68.

Abdillah, Masykuri. Demokrasi di Persimpangan Makna: Respons Intelektual Muslim Indonesia Terhadap Konsep Demokrasi (1966-1993). Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999.

Al-Maududi, Abul `Ala. Hukum dan Konstitusi : Sistem Politik Islam, cet. VII Bandung : Mizan, 1998.

Ali, Mukti. Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan, cet. III Bandung : Mizan, 1998.

Al-Mawardi. Al-Ahkam al-Sulthaniyyah Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Budiarjo, Miriam. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Dahlan, Abdul Azis (et.al.). Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeve, 1996.

Esposito, Jhon L.dan O.Voll. Demokrasi di Negara-Negara Muslim. Bandung : Mizan, 1999.

Hidayat Komaruddin. Tragedi Raja Midas: Moralitas Agama dan Krisis Modernisme. Jakarta: Paramadina, 1998.

Kuntowijoyo. Identitas Politik Umat Islam. Bandung : Mizan, 1999.

________ ``Umat Perlu Perubahan Cara Berpikir,`` dalam Ummat, No.22, Th. I 29 April 1996.

Maarif, A. Syafii. Islam dan Masalah Kenegaraan : Studi tentang Percaturan dalam Konstituante. Jakarta : LP3ES, 1996.

Madjid, Nurkholish, Cita-Cita Politik Era Reformasi, Jakarta: Paramadina, 1999.

Mahendra, Yusril Ihza, ``Modernisme Islam dan Demokrasi : Pandangan Politik Mohammad Natsir,`` dalam Islamika. No. 3 Januari-Maret (1994), pp. 64-73.

Masdar, Umaruddin. Membaca Pikiran Gus Dur dan Amin Rais tentang Demokrasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999.

Masud, Muhammad Khalid. Filsafat Hukum Islam. Bandung: Pustaka, 1996.

Mahfud MD, Moh. “Konfigurasi Politik dan Hukum Pada Era Orde Lama dan Orde Baru,” dalam M. AS. Hikam dkk. Wacana Politik Hukum dan Demokrasi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, (1999). Pp. 18-34.

Mu`allim, Amir dan Yusdani. Konfigurasi Pemikiran Hukum Islam. Yogyakarta : UI Press, 1999.

Nasr, Seyyed Vali Reza, “Maududi dan Jama’t-i-Islami : Asal Usul, Theoridan Praktek Kebangkitan, dalam Ali Rahmena (ed.). Para Perintis Zaman Baru Islam. Bandung : Mizan, (1996). pp.101-105.

Rudy, Teuku May. “Politik Islam dalam Pemerintahan Demokrasi,” dalam Abu Zahra. Politik Demi Tuhan: Nasionalisme Religius di Indonesia. Bandung : Pustaka Hidayah, (1999), pp. 293-294.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`I atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1999.

Soehino, 1999, “Masa Depan Hukum dan Demokrasi Indonesia Menggagas Paradigma Hukum yang Berdaulat,” dalam M. AS. Hikam dkk. Wacana Politik Hukum dan Demokrasi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999. pp.35-53.

Yafie, KH. Ali, “Konsep-Konsep Istihsan, Istihlah dan Maslahat Al-Ammah,” dalam Budhy Munawar-Rachman (ed). Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, cet.II Jakarta: Paramadina. (1995), pp.362-368.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v16i1.10650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.