KONSEP PENDIDKAN ANAK MARGINAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT

Meri Sandora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pendidikan untuk anak-anak yang termarginalkan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapatnya anak marginal pada masyarakat kita. Anak-anak marginal ini belumlah mendapatkan hak-haknya sebagaimana anak-anak pada umumnya, terutama dalam hal mendapatkan pendidikan baik itu formal maupun informal. Hal ini dilatarbelakangi oleh ekonomi keluarga, dan kondisi sosial. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak-anak marginal belum mendapat pendidikan yang layak, padahal sekarang ini sudah terdapat rumah singgah untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan. Namun sayangnya rumah singgah ini belumlah tersosialisasi dengan baik kepada mereka. Rumah singgah ini adalah sebagai tempat untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan agar mereka mempunyai keahlian guna memperoleh pekerjaan yang lebih layak

Keywords


Anak Marginal; Pendidikan Berbasis Masyarakat; Rumah Singgah

Full Text:

PDF

References


Freire, Paulo. (1984). Pendidikan, Pembebasan, Perubahan Sosial. Jakarta: PT. Sangkala Pulsar

Ishaq, M. (1998). Pengembanga Modul Literasi Jalanan Untuk Peningkatan Kemampuan Hidup Bermasyarakat Anak-anak Jalanan. Makalah Lokakarya Modul Literasi Jalanan di BPKB. Bandung: Yayasan Bahtera-Unicef

http://id.shvoong.com/social-sciences/anthropology/2134959-anak-anak-marjinal-yang-terlupakan/#ixzz1nONVM1OD

http://edukasi.kompas.com - 8 Januari 2010

http://www.riauterkini.com - 12 Januari 2010

Kasmianto, dkk. (2007). Panduan dan Potret Pendidikan Anak Marginal. Upaya Mencerdaskan Anak Bangsa sampai ke Pelosak Negeri. Pekanbaru: Unri Press

Maksum, Ali dan LY. Ruhendi (2002). Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern. Yogyakarta: IRCISOD

Reza Bastian, Aulia. (2002). Reformasi Pendidikan; Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan Dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama

Suyanto. (2006). Dinamika Pendidikan Nasional - Dalam Percaturan Dunia Global. Jakarta PSAP Muhammadiyah

Zubaida. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v18i2.7588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender

Diindeks oleh:

Dipublikasikan oleh:

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (ISSN Print: 1412-6095 l ISSN Online 2407-1587)

Alamat Redaksi:

Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Suska Riau
Gedung Islamic Center Lantai 1
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International


View My Stats