MENGAPA MENGHARGAI IBU ? Analisis Psikologi Indijinus pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Provinsi Riau

Ami Widyastuti, Ricca Angreini Munthe

Abstract


Tujuan penelitian adalah mencari tahu alasan menghargai ibu dari perspektif anak. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Indigenous Psychology, yang melihat dari sudut pandang budaya lokal setiap fenomena sesuai konteks terkait. Menggunakan metode Survey, data dikumpulkan dengan kuesioner berisi pertanyaan terbuka dan tertutup yang dikembangkan oleh Kim (2006) dan telah disesuaikan dengan Center for Indigeonus Psychology (CIPP) Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Responden penelitian adalah 224 pelajar Sekolah Menengah Atas di Propinsi Riau. Data dianalisis dengan pengkategorisasian berdasarkan persamaan tema, ditabulasi silang dengan jenis kelamin responden. Hasil penelitian menemukan bahwa ada 7 alasan seseorang menghargai sosok ibunya yaitu : (1) orang yang terbaik (31,9%), (2) orang penting/kunci (21,8%0, (3) pecinta (17,9%), (4) penanggung jawab (13,0%), (5) tulang punggung keluarga (8,3%), (6) model perilaku (5,6%), dan (7) pemberi motivasi (1,9%). Temuan ini perlu dijadikan referensi bagi calon ibu agar dihargai anak


Keywords


Pendidikan Anak; Pengasuhan Ibu; Psikologi Indijenus

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andayani, B. (2002). Pentingnya Budaya Menghargai dalam Keluarga. Buletin Psikologi, 1, 1-8.

Anyikwa, N., & Obidike, N. (2012). Mother's Constructions of their Roles in the Literacy Education of their Children. Africa Development , 37, 57 - 67.

Astuti, A. W. (2013). Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

A'yun, Q. (2015). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Berk, L. E. (2002). Infants, Children, and Adolescents. Boston: Library of Congress.

Berns. (2004). Child, Family, School, Community Socialization and Support. United State of America: Strawberry Field Publishing.

Berns, R. M. (2007). Child, Family, School, Community: Socialization ans Support. 7 th Edition. Canada: Thomson Wadsworth.

Brook, J. (2011). The Process of Parenting (Kedelapan ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cooper, C., Halsey, C., Laurent, S., & Sullivan, K. (2009). Ensiklopedia Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design : Choosing Among Five Approaches. United States of America: SAGE.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diener, E. & Diener, R. B. (2008). Happiness: Unlocking the Mysteries of Psychological Wealth. USA: Blackwell Publishing.

Durkin, K. (1995). Developmental Social Psychology. Massachusetts: Blackwell Publisher Inc

Erikson, E. H. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gauvain, M., & Huard, R. D. (1999). Family interaction, parenting style, and the development of planning : A longitudinal analysis. Family Psychology , 75 - 92.

Gauvain, M., Fagot, B., Leve, C., & Kavanagh, K. (2002). Intstrucrion by mothers and fathers during problem solving with their young children. Family Psychology , 81 - 90.

Hall, L., & Walker, A. (1995). Gender and family work in one-parent households. Marriage and the family , 685 - 692.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga : Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestari, S., Faturochman, & Kim, U. (2010). Trust in Parent-Cild Relationship Among Undergraduate Student: Indigenous Psychological Analysis. Jurnal Psikologi. Volume 32, No, 2, Desember 2010: 140-152

Maccoby, E. (1998). The Twon Sexes. Harvard: Harvard.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mallers, M. H., Neupert, S. D., Charles, S. T., & Almaeda, D. M. (2010). Perceptions of Childhood Relationships With Mother and Father: Daily Emotional and Stressor Experiences in Adulthood. Journal of Developmental Psychology. Vol. 46. No. 06. 1651-1661.

Maulina, F. (2014). Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau dari Status Kerja Ibu di Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Belia : Early Childhood Education Papers , 3, 9 - 12.

McKee, L., Roland, E., Coffelt, N., Olson, L. A., Forehand, R., Massari, C., et al. (2007). Hars Discipline and Child Problem Behaviors : The Role of Positive Parenting and Gender. Journal Families Violence , 22, 187 - 196.

Muflikhati, I., Hartoyo, Sumarwan, U., Fahrudin, A., & Herien, P. (2010). Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga : Kasus di Wilayah Pesisir Jawa Barat. Jur. Ilm. Kel. & Kons. , 3, 1 - 10.

Nashih, U (1999). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jilid 2. Jakarta: Pustaka Amani.

Network, N. I. (2003). Does amount of time spent in child care predict socioemotional adjustment during the transition to kindergarten? Child Development , 976 - 1005.

Nixon, E. (2010). Children's Perspectives on Parenting Styles and Discipline : A Developmental Approach. Dublin: The National Children's Strategy Research Series.

Sahin, Fatma Tezel.(2014).Mother-Child Relation and Factors Affecting this Relation. International Journal of Science Culture and Sport, 2, 79 - 88.

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup) Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas. Jilid 2. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Thompson, R.A (2006). The development of the person: Social understanding, relationship, conscience, self. In N. Eisenberg (ed), Handbook of child psychology. Volume three: social, emotional, and personality development (pp.24-98). Sixth edition. New jersey, John Wiley & Sons, Inc.

Werdiningsih, A. T., & Astarani, K. (2012). Peran Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. STIKES , 5, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v18i2.7505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender

Diindeks oleh:

Dipublikasikan oleh:

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (ISSN Print: 1412-6095 l ISSN Online 2407-1587)

Alamat Redaksi:

Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Suska Riau
Gedung Islamic Center Lantai 1
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International


View My Stats