STUDI ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Fernando Fernando, Niki Dian Permana P, Zarkasih Zarkasih, Aldeva Ilhami

Abstract


This study aims to analyze the Effect of the Implementation of the Cooperative Learning Model on the Science Process Skills of Junior High School Students From a Gender Perspective. The research method used was a meta-analysis with a sample of 15 articles in accredited journals. The results of the meta-analysis prove the influence of cooperative learning models on students' science process skills. While from the gender perspective there is no significant difference in the treatment of group learning settings based on gender on the ability of students' science process skills.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Ditinjau Dari Perspektif Gender. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah meta-analisis dengan sampel 15 artikel di jurnal terakreditasi. Hasil penelitian meta-analisis membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperative terhadap keterampilan proses sains siswa. Sedangkan dilihat dari presfektif gender, model pembelajaran kooperative tidak memberikan perbedaan yang signifikan pada perlakuan pengaturan kelompok belajar terhadap kemampuan keterampilan proses sains siswa.


Full Text:

PDF

References


Andani, M., & Utami, L. (2019). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru". JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 54–75.

Darmawati. (2019). "Penerapan Kemampuan Metode Ekspositori Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika". Journal of Elemantary School (JOES), 2(1), 5–9.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dinda Tsaniyyah, Aditya Marianti, W. I. (2019). "Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Materi Sel Dengan Model Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya". Jurnal Phenomenon, 09(1), 21–35.

Fatimah, S. (2017). "Analisis Pemahaman Konsep Ipa Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru Sd". Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 57–70.

Hakim, A., Butar, B.-, & Seliana, A. (2018). "Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (Mspem) Di Smk Negeri 1 Lubuk Pakam". Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1), 14–23.

Hardiyanto, & , Susilawati, A. H. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Ekspositori Dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(4), 249–256.

Hidayah, S. N. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika". JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 216–228.

Komikesari, H. (2016). "Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division". Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 15–22.

Nuyami, N. M. S., Suastra, I. W., & Sadia, I. W. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA SMP DITINJAU Program Studi Pendidikan IPA , Program Pascasarjana e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1–14).

Olivia Eickerman, M. R. (2020). The Elephant in the (Physics Class)Room: Discussing Gender Inequality in Our Class. The Physics Teacher, 58(301).

Puspaningtyas, K., & Suparno. (2017). "Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis Dan Keterampilan Proses Sains". Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 8–16.

Rahmawati, Nurul Azmi, R. Y. G. (2018). "Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Salafiah Bode Plumbon Cirebon". Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(2), 82–93.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. (2014). "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp". Unnes Physics Education Journal, 3(1), 40–45.

Rizal M, M., Tayeb, T., & Latuconsina, N. (2016). "Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Ma’rang Kabupaten Pangkep". Mapan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 171–184. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a2

Sari, I. N. (2016). "Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Materi Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Sungai Ambawang". Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(2), 52–58.

Sudestia Ningsih, Nina Kurniah, D. D. (2016). "Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif". Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 100–106.

Suhadi, M. S., & Ibnu, S. (2015). "Pengaruh Kelompok Peminatan Mata Pelajaran dan Gender terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Ilmiah Siswa pada Materi Laju Reaksi". Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 31–41.

Sultan, A. D. (2014). "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa". Jurnal Pendidikan Fisika Universitas, 4(2), 145–151.

Sulistiyawati, & Andriani, C. (2017). "Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa". Wacana Akademika, 1(2), 127–142.

Sofia Herrera, Ikram A. Mohamed, A. R. D. (2020). Physics from an Underrepresented Lens: What I Wish Others Knew. The Physics Teacher, 58(294).

Tambak, S. (2017). "Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam". Jurnal Al-Hikmah, 14(1), 1–17.

Taufik, M., & Gunada, I. W. (2016). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015 / 2016". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(2), 80–85.

Tuada, Rasydah Nur, Gunawan, S. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Teknik Guided teaching Terhadap Keterampilan Proses Sains". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 128–136.

Urwati, K., & Ernita, N. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X MA Darul Muhajirin Praya" . JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 203–215.

Verawati, N. N. S. P., Harjono, A., & Hasbiyalloh, A. S. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika" Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173-180.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v19i2.10177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender

Diindeks oleh:

Dipublikasikan oleh:

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (ISSN Print: 1412-6095 l ISSN Online 2407-1587)

Alamat Redaksi:

Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Suska Riau
Gedung Islamic Center Lantai 1
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International


View My Stats