Peran Pembimbing Dalam Mengatasi Perkembangan Kognitif Studi Kasus di UPT. Panti Sosial Pengasuhan Anak

Rahmalina Rahmalina, Azni Azni

Abstract


Pemberian bimbingan ini bisa melaui orang tua, guru ataupun lembaga lainnya. Namun tidak semua anak yang terlahir didunia ini mendapatkan asuhan yang sempurna oleh kedua orang tuanya, mungkin karena sebab kematian, ataupun karena faktor ekonomi sehingga menjadikan panti asuhan sebagai tempat dimana mereka bisa bertahan hidup. Anak Tunas Bangsa, Panti yang bermasalah pada awal tahun 2017. Yang mana seluruh anak Panti Tunas Bangsa pada waktu itu dibawa dan ditampung Di Panti Asuhan Sosial pengasuhan anak milik Dinas Sosial Provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pembimbing Dalam Mengatasi Perkembangan Kognitif  Studi Kasus di UPT. Panti Sosial Pengasuhan Anak Dinas Sosial Provinsi Riau. Motode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul selanjutnya adalah penganalisaan data yang telah ada, dan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing panti asuhan sebanyak 2 orang dan yang menjadi objek penelitian ini adalah Peran Pembimbing Dalam Mengatasi Perkembangan Kognitif  Studi Kasus di UPT. Panti Sosial Pengasuhan Anak Dinas Sosial Provinsi Riau. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pembimbing Dalam Mengatasi Perkembangan Kognitif  Studi Kasus di UPT. Panti Sosial Pengasuhan Anak Dinas Sosial Provinsi Riau adalah pembimbing sebagai pamong belajar, sebagai penyuluh, sebagai fasilitator, sebagai tutor sangat membantu dalam mengatasi permasalahan kognitif pada anak asuh, dilihat dari hasil wawancara terhadap pembimbing mengatakan bahwa peran pembimbing dalam mengatasi perkembangan kognitif anak asuh telah terlaksana dengan baik, walaupun dalam membimbing dan mendidik adanya hambatan.



Keywords


Peran Pembimbing, Perkembangan, Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, Santi, and Sri Hartini, ‘Upaya Pengelola Program Penguatan Keluarga SOS Children’s Villages Indonesia Dalam Mengurangi Jumlah Anak-Anak Yang Rentan Terlantar’, Comm-Edu (Community Education Journal), 1.1 (2018), 38–44

Djati, Wasisto Raharjo, ‘Revivalisme Kekuatan Familisme Dalam Demokrasi: Dinasti Politik Di Aras Lokal’, MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 2015

Fitri, Anissa Nur, Agus Wahyudi Riana, and Muhammad Fedryansyah, ‘Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak’, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.1 (2015)

‘Kasus-Panti-Asuhan-Polisi-Temukan -12-Anak-Dipersembunyian’

Merry, Anggraini, Asrinaldi Asrinaldi, and Aidinil Zetra Zetra, ‘PENGARUH KESADARAN DAN KEPERCAYAAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DHARMASRAYA PADA PILKADA 2015’, Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8.1 (2018), 109–32

Mufida, Dewi Anna, ‘PEMBINAAN REMAJA DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KABUPATEN KUDUS’ (Universitas Negeri Semarang, 2013)

MUHLISIN, AHMAD, ‘Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Yatim Piatu Al Ikhlas Kab. Ponorogomenurutundang Undang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak’ (IAIN PONOROGO, 2016)

QOTIMAH, LINDA KHUSNUL, ‘PENGELOLAAN PANTI ASUHAN AL-RIFDAH SEMARANG DALAM PEMENUHAN HAK ANAK’ (Universitas Negeri Semarang, 2015)

Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini Penganar Dalam Berbagai Aspeknya (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v9i2.8392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.