DESEKULERISASI ULAMA; Makna Ulama Menurut Nurcholish Madjid
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdul Hadi WM, Tasawuf Yang Tertindas, Kajian Hermeneutik terhadap Karya-Karya Hamzah Fansuri”, (Jakarta : Paramadina, 2001)
Ahmad Fatoni, “Mendongkrak Pamor Pendidikan Islam” Sriwijaya Pos, Rabu, 05 Mei 2004.
Ali Ashraf, Horison Baru Pendidikan Islam, (Jakarta : Pustaka Firdaus. 1996)
Al-Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, Jilid VIII, (Beirut : Dar al-Fikr, 1974)
Azyumardi Azra, Jaringan Intelektual Ulama Nusantara, (Bandung: Mizan, 1994).
Budhy Munawwar Rahman (ed.), Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, (Jakarta: Yayasan Paramadina, 1994)
______________________, Argumen Islam untuk Sekularisme; Islam Progresif dan Perkembangan Diskursusnya, (Jakarta : Grasindo, 2010).
______________________, Membaca Nurcholish Madjid Islam dan Pluralisme, Edisi Digital, (Jakarta : Democracy Project, 2011)
Fazlur Rahman. “The Qur’anic Consept of God” dalam Islamic Studies, Jilid VI, no. 1. 1967,
Francis Wahono, Kapitalisme Pendidikan Antara Kompetisi dan Keadilan (Yogyakarta: Insist Press, 2001)
Hamka. Filsafat Ketuhanan. (Surabaya : Penerbit Karunia. 1985)
Harun Nasotion, Islam Rasional : Gagasan dan Pemikiran, (Cet. V; Bandung: Mizan, 1998)
Hiroko Horikoshi, Kyai dan Perubahan Sosial, (Jakarta : Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), 1983)
Imam Chanafie Al-Jauhari. Hermeneutika Islam ; Membangun Peradaban Tuhan di Pentas Global, (Yogyakarta : Ittaqa Press. 1999)
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001)
Juhaya S. Praja, Aliran-Aliran Filsafat dan Etika, (Cet. I; Bogor: Kencana, 2003)
Komaruddin Hidayat, “Melampaui Nama-Nama Islam dan Postmodenisme” dalam edy A. Efendi (ed) Dekonstruksi Mazhab Ciputat. (Bandung : Zaman Wacana Mulia. 1999)
Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsir Al-Qur;an, 1973)
Manfred Ziemek dalam bukunya, Pesantren dalam Perubahan Sosial, (Jakarta: P3M, 1986)
Muhammad Surya, “Integrasi Tauhid Ilmu dalam Sistem Pendidikan Nasional” dalam Tauhi Ilmu dan Implementasinya dalam Pendidikan. (Bandung : Nuansa. 2000)
Munir Mulkhan, Satu Tuhan Seribu Tafsir, (Yogyakarta : Kanisius, 2007)
Mona Abaza, Indonesian Students in Cairo, (Paris: EHESS, 1994).
M. Dawam Rahardjo, Ensiklopedi al-Qur’an, (Jakarta : Paramadina, 1996)
M. Dawam Rahardjo, Intelektual Integensia dan Perilaku Politik Bangsa Risalah Cendikiawan Muslim, (Bandung : Mizan, 1993)
M. Atho Mudzhar, "In the Making of Islamic Studies in Indonesia (In Search for a Qiblah)," makalah disampaikan dalam seminar internasional Islam in Indonesia: Intellectualization and Social Transformation, di Jakarta 23-24 November 2000
M. Quraish Shihab. Wawasan al-Qur’an (Bandung : Mizan. 1999) hlm 234.
Nurcholish Madjid, “Tentang Ulama dan Keulamaan dan Ketokohan K. H. Ali Yafie sebagai Cerin Keulamaan Sejati Masa Kini”, dalam K. H. Ali Yafie, Jati Diri Tempaan Fiqh, (Jakarta : FKMPASS, 2001), h. viii
_______________, Kedudukan dan Peran Ulama Dalam Islam, Makalah untuk Klub Kajian Agama PARAMADINA Jakarta, 23 Mei 1997,
_______________, “Pendidikan, Langkah Strategis Mempersiapkan SDM Berkualitas” dalam Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar Menggagas Paradigma Pendidikan, (Jakarta: Paramadina, 2001)
Richard W.Buliet, The Patricians of Nishapur, (Cambridge: Harvard University Press, 1972)
Sayyid Qutb. Fi Dzilalil Qur’an, (Beirut : Ihyan al-Turats al-Arabi, 1967).
Stephen Hirtenstein, Dari Keragaman ke Kesatuan Wujud ; Ajaran dan Kehidupan Spritual Syaikh al-Akbar Ibn ‘Arabi, (Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2001)
Taufik Abdullah, dkk., Ensiklopedi Tematis Islam Asia Tenggara, (Jakarta : Ichtiar Baru Van Hoeve, tt)
Wan Mohd Nor Wan Daud. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. (Bandung : Mizan. 2003)
Yusuf Al-Qaradhawi, Fatawa Mu’ashirah, (Beirut : Dar al-Ma’rifah, 1988)
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, (Jakarta : LP3ES, 1985)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v8i2.5713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.