PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL; Tinjauan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Usman Usman

Abstract


Indonesia merupakan negara yang multikultural, jika dikelola dengan benar akan menghasilkan kekuatan positif  bagi pembangunan bangsa. Pendidikan dipandang sebagai faktor penting dalam menumbuhkembangkan kesadaran nilai-nilai kehidupan multikultural. Disinyalir bahwa sistem pendidikan nasional yang selama ini berlaku menunjukkan fenomena yang tidak menguntungkan bagi pembentukan proses kultural. Pendidikan Islam sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional mempunyai tanggung jawab (moral obligation) dalam penyebaran nilai multikulturalisme dan toleransi. Pengembangan kurikulum masa depan yang berdasarkan pendekatan multikulturalisme ini menjadi sangat penting, dengan menggunakan metode dan pendekatan (method and approaches) yang beragam.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman (ISSN Print: 2088-3226)

Published by:

Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 94, Pekanbaru - Riau
email: madania@uin-suska.ac.id

Indexed by:

  

View My State