Fenomena Kesurupan: Studi Analisis Kritis dalam Kajian Teologi dan Psikologi Islam

Arni Arni, Nor Halimah

Abstract


Fenomena kesurupan  yang menggambarkan ketimpangan yang menimpa akal manusia sehingga ia tidak dapat menghubungkan antara apa yang telah diucapkan dengan apa yang akan diucapkannya menjadi salah satu perhatian dalam kajian psikologi. Orang yang terkena kesurupan akan mengalami kehilangan ingatan sebagai akibat dari ketimpangan pada saraf otaknya. Dalam kajian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitataif dan melakukan analisis kritis dan deskriptif terhadap fenomena kesurupan yang terjadi di masyarakat. Peneliti menggunakan dua pendekatan, yakni teologis dan psikologi sebagai alat analisis. Dalam kajian ini peneliti mengungkapkan secara ilmiah fenomena kesurupan dan menganalisisnya secara transparan, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesurupan, khususnya dalam pandangan teologis dan psikologis. Berdasarkan hasil kajian diketahui bahwa dalam pandangan teologis, fenomena kesurupan diidentikkan dengan kasus yang dialami oleh seseorang dan tidak sadar diri yang diakibatkan oleh gangguan jin yang telah merasuk ke tubuhnya dan menguasai alam pikirannya.  Hal ini terjadi disebabkan  kurang mendekatkan diri kepada Allah, dendam dan  cinta jin kepada pada manusia, sedangkan kajian psikologis memandang fenomena kesurupan merupakan kasus yang dialami orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sehingga dengan demikian dia memiliki jiwa yang tidak sehat.


Keywords


Trance, Theological, Islamic Psychology, Analytical Studies

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ani, Abu Al-Barra’Usamah Ibnu Yasin. (2015). Manhaj Asy-Syar’ifi Bayaan Al-Massiwa Ash-Shar’I. Jakarta: Ruqyah Learning Center.

Anjaryani, Anna Maria, dan Michael Seno Rahardanto. (2016). Dinamika Kesurupan Patologis: Studi Kasus di Jawa Tengah. experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 4(1):11–22.

Ardani, Tristiadi Ardi. (2008). Psikiatri Islam. Malang: UIN Malang Press.

Asy-Syahawi, Majdi Muhammad. (2003). Menjelajah Alam Jin. Yogyakarta: Pustaka Setia.

Bali, Syaikh Wahid Abdussalam. (2015). Ruqyah Jin, Sihir dan Terapinya, hasibuan, dkk, Terj. Jakarta: Aqwam.

Bali, Syaikh Wahid Abdussalam. (2016). Wiqayatul Insani Minal Jinni wasy Syaithani Ash-Sharimul Batari Fit Tashaddi Lis Saharati Al-Asyrar. Jakarta: Penerbit Ummul Qura.

Bobby. (2014). Fenomena Kesurupan Menurut Psikologi diakases pada 3 April 2014 di http://09034bobby.wordpress.com/2010/05/11/fenomena-kesurupan-menurut-perspektif-psikologi/html.

Chaplin, James P. (2006). Dictionary of Psychology, diterjemahkan oleh Kartini Kartono dengan judul Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Durand, V. Mark dkk. (2006). Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana ; Pengantar Analisis Teks Media: Komunikasi. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Hammam, Hasan bin Ahmad. (2013). Terapi dengan Ibadah. Solo: Aqwam.

Hasan, Aliah B. Purwakania. (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyono, Baharuddin H. (2008). Psikologi Agama dalam prspektif Islam. Malang: UIN Malang Press.

Rafa’alhaq, Abu Ayyash. (2010). Buku Saku Ruqyah. Jakarta: Tsabita Grafika.

Rahim, Nasir bin Muhammad Abdul. (2010). Inilah Jampi-jampi (Ruqyah) yang Diajarkan Rasulullah SAW. Jakarta: Cakrawala Insani.

Springate, Lucy Angela Clare. (2009). “Kuda Lumping dan Fenomena Kesurupan Massal: dua studi kasus tentang kesurupan dalam kebudayaan Jawa.” Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Sukmono, Rizki Joko. (2008). Psikologi Zikir. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryadipura, R. Paryana. (1993). Alam Pikiran. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Dedy. (2014). Dakwah Melalui Layanan Psikoterapi Ruqyah Bagi Pasien Penderita Kesurupan. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4:43–64.

Syariffuddin, M. (2018). “Terapi ruqyah syar’iyyah untuk mengatasi gangguan kesurupan dalam pandangan Ustadz Sahudi.” PhD Thesis, UIN Walisongo Semarang.

Taimiyah, Ibnu. (1980). Majmu’ah al-Fatawa. Beirut: Darul Fikr.

Taimiyah, Ibnu. (1995). Islam, Jin dan Santet. Jakarta: Gema Insani Press.

Tambusai, Musdar Bustaman. (2010). Buku Pintar Jin, Sihir dan Ruqyah Syar’iyyah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Tedjo, Yulianto. (2017). “Studi kualitatif deskriptif tentang kesurupan patologis.” PhD Thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v10i2.10655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.