Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Berbasis Discovery Learning Topik Persamaan Diferensial Ordo Satu

Armis Armis, Syofni Syofni

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar untuk perkuliahan persamaan diferensial. Penelitian ini mengembangan bahan ajar berupa lembar aktivitas mahasiswa (LAM) berbasis discovery learning untuk topik persamaan diferensial ordo satu. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D. Subjek dalam penelitian adalah 40 orang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau. Instumen berupa angket, lembar observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dideskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisi data menyimpulkan bahwa LAM berbasis discovery learning ini valid, praktis dan efektif. LAM ini dapat menjadi penunjang pembelajaran persamaan diferensial ordo satu.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Belajar matematika asyik dan menyenangkan. January. https://doi.org/10.31227/osf.io/mdgaz

Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS berbasis pendekatan RME untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Baroody, A. J., Purpura, D. J., Eiland, M. D., & Reid, E. E. (2015). The impact of highly and minimally guided discovery instruction on promoting the learning of reasoning strategies for basic add-1 and doubles combinations. Early Childhood Research Quarterly, 30(PA), 93–105. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.09.003

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Gunawan, Kosim, & Lestari, P. A. S. (2020). Instructional materials for discovery learning with cognitive conflict approach to improve vocational students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 433–444. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13330a

Gurses, A., Gunes, K., Dalga, T., & Dogar, C. (2015). A design practice for interactive- direct teaching based on constructivist learning ( IDTBCL ): boiling and evaporation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 2377–2383. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.293

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Galia Indonesia.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1014a

Kariman, D., Harisman, Y., Sovia, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Effectiveness of guided discovery-based module: A case study in Padang city, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(2), 239–250. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.6610.239-250

Kristayulita, & Nurhardiani. (2011). Analisis kesalahan menyelesaikan persamaan diferensial ordo-1 pada matakuliah persamaan diferensial dengan pandual watson. 4(1), 30–52. https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/90

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Loli, K. J., Damayanti, N. W., & Yuniarto, E. (2018). Pengembangan LKS berdasarkan masalah kontekstual pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.897

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.

NK, R. (2008). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving ( CPS ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Nurdin, E., Risnawati, R., & Ayurila, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Oktavia, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Prosiding Konferensi Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 99–108.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. The Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 1–129. http://www.slo.nl/downloads/2009/Introduction_20to_20education_20design_20research.pd

Rahmi, Angraini, V., & Melisa. (2014). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis problem based learning pada perkuliahan persamaan diferensial biasa. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains IX, 5(1), 864–869.

Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148–154. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Syarif, M., & Susilawati, E. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan biologi SMA: terintegrasi penguatan pendidikan karakter. In Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Prestasi Pustaka.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. In Pelatihan Penyusunan LKS MAta Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK.MAK. https://doi.org/10.1016/j.cell.2009.01.043

Yurniwati, & Hanum, L. (2017). Improving mathematics achievement of Indonesian 5 th grade students trough guided discovery learning. Journal on Mathematics Education, 8(1), 77–84.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter