Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMA

Winda Fitri Yani, Ramon Muhandaz, Irma Fitri

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa  kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok kontrol.  SAmpel dipilih menggunakan teknik  cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes pengetahuan awal, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan uji anova dua arah menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Osborn dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak terdapat pengaruh  interaksi antara model pembelajaran dengan penegtahuan awla matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Aulia, R. R., Herawati, N. I., & Mulyati, T. (2015). Pembelajaran dengan model osborn terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Goldenberg, O., & Wiley, J. (2011). Quality, conformity, and conflict: questioning the assumptions of Osborn’s brainstorming technique. The Journal of Problem Solving, 3(2), 5. Doi: http://dx.doi.org/10.7771/1932-6264.1093.

Handayani, I. G. A., Sadra, I. W., & Ardana, I. M. (2014). Pengaruh model siklus belajar 5e berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1). Doi: https://doi.org/10.23887/jppm.v3i1.1346.

Hartono. (2019). Metodologi penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Lee, J. Y., Donkers, J., Jarodzka, H., & van Merriënboer, J. J. (2019). How prior knowledge affects problem-solving performance in a medical simulation game: Using game-logs and eye-tracking. Computers in Human Behavior, 99, 268-277. Doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.035.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236-241. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668.

Misnasanti, U., Widianti, R., & Suwanto, F. R. (2017, August). Problem based learning to improve proportional reasoning of students in mathematics learning. In American Institute of Physics Conference Series (Vol. 1868, No. 5). Doi: https://ui.adsabs.harvard.edu/link_gateway/2017AIPC.1868e0002M/doi:10.1063/1.4995129

Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. (2016). Model pembelajaran Osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 93-102. Doi: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.21

OECD. (2016). PISA 2015 results (Volume I): Excellence and equity in education.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. Doi: http://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007.

Risnawati. (2013). Keterampilan belajar matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sudjana, D. (2001). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Falah Production.

Sukardi. (2013). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Tangio, N. F. (2015). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Universitas Negeri Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika.

Yaumi , M & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple intelligents). Jakarta: Kencana Prenadamedia Media.

Zakaria, E., Nordin, N., & Ahmad, S. (2007). Trend pengajaran dan pembelajaran matematik. Kuala Lumpur: PRIN-AD SDN, BHD.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter