Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMK

Jenneri Anna Yarti, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.  2) Ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluter random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMK Abdurrab Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XTLM1 sebagai kelas eksperimen dan XTLM2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran BBL (Brain Based Learning)  dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustina, Dina, dkk. (2014). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).

Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ermawan, Muhammad Tri Stio. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Intuitif Matematis Siswa dengan Self Efficacy Tinggi”, Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 4 No.1.

Fitriana, Nurul, Muhandaz, Ramon dan Risnawati. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). JURING, 2(1).

Jensen, Eric. (2008). Brain Based Learning (Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak). Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Juliani, Aisha dan Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Pembelajaran Matmeatika Menggunakan Model Coperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3).

Mawaddah, Siti dan Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

MZ, Amir, Zubaidah, Muhandaz, Ramon . 2019. Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5 (2).

N, Adiastuty, Rochmad, dan Masrukan. (2012). Perangkat Pembelajaran Model BBL Materi Barisan dan deret untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Junnes Journal of Mathematics Education Research, 2 (1).

Norhayati, Hasanuddin, dan Hartono. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contexctual Teaching and Learning Untuk Memafasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING, 1 (1).

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730

Reski, Reny, Hutapea, Nahar dan Saragih, Sehatta. (2019). Peranan Model Problem Based Leraning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING, 2 (1).

Sari, Shinta, Elniati, Sri, dan Fauzan, Ahmad. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).

Seswira, Yunita, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING, 1(1).

Suhandri dan Sari, Arnida. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meingkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. SJME, 5 (2).

Sunaryo, Yoni, dan Nuraida, Ida, (2017). Pengaruh Penerapan Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan pengajaran Matematika, 3 (2).

Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3 (2).

T.S., Sumartini. (2016). Peningkatan Kamampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa” Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5 (2).

Zakaria, Effandi. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran (Kuala Lumpur). Prin AD SDN BHD.

Zulkarnain, Ihwan. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Formatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter