Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota

Ferina Maulidyah, Kartini Kartini, Zuhri D

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data terkait proses pembelajaran dikumpulkan melalui teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui teknik tes menggunakan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS), yaitu terjadinya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II. Pada analisis data kuantitatif, untuk kompetensi pengetahuan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ialah 50% dan 76,67% pada siklus II. Pada kompetensi keterampilan, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ialah 53,33% meningkat menjadi 60% pada siklus II. Sedangkan secara kualitatif selama proses pembelajaran berlangsung pelaksanaan proses pembelajaran semakin membaik untuk setiap pertemuan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan aktifitas siswa selama pelaksanaan proses pembelajaran yang dilihat dari lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bangkinang Kota.

Full Text:

PDF

References


Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. CV. Yrama Widya.

Isharyadi, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Strukturaal Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-10 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal ilmiah Edu Research, 4(1), 71–78.

Januartini, P. D., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2016). Studi Komparatif Model Pembelajaran Think Pair Square dan Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mapel TIK Kelas X SMA N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 148–160. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8523

Justisia, D., Jalil, A., & Bharata, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4389

Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3150

Karyawati, N. K., Drs. I Nyoman Murda, M. P., & I Wayan Widiana, S. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square berbantuan Kartu Kerja terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar pgsd Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2211

Lasiyanto, L. (2018). Penerapan Teknik Penugasan dengan Metode Think Pair Square untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3354

Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:6POCt5hpbeMJ:https://mintotulus.files.wordpress.com/2012/04/permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d

Permendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tahun 2016. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:HgyCecPdiEoJ:https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d

Solfitri, T., & Heleni, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 33–50. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.217

Sukmawati, S., & Nasrullah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 115–124. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1204




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter