Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMA/MA

Tri Mutia Dewi, Risnawati Risnawati, Ramon Muhandaz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dengan desain The Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Babussalam Pekanbaru. Sampel yang peneliti gunakan yaitu kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan X Mia 2 sebagai kelas kontrol, dimana kedua kelas tersebut mempunyai kesamaan rata-rata di awal sebelum perlakuan pada aspek kemampuan penalaran dengan melakukan uji perbedaan (uji-t). Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis, angket kemandirian belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam hipotesis 1 adalah uji-t, sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai  Sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvesional. Kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 77,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 68,36. Hasil analisis data menggunakan anova dua arah menunjukkan  sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki kemandirian tinggi, sedang, dan rendah dan juga menunjukkan , sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CORE dengan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan menerapkan model pembelajaran CORE dalam pembelajaran dikelas, khususnya pada kemampuan penalaran matematis.


Full Text:

PDF

References


Van De Walle, J.A. (2006). Sekolah Dasar dan Menengah: Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta:Erlangga.

Muhandaz, R. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang”. Suska Jurnal of Mathematics Education. Vol. 1 No. 1. 39

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peratuan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik IndonesiaNomor 21 Tahun 2016. Tentang Standar Isi Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia

Ridwan, Muhamad. (2017). “Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari gaya Belajar”. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2. 193-206.

Sohimin, Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Safitri, Diana., Handayani, Sri,. Umamah, Nurul. (2014). “Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Edukasi UNEJ. Kalimantan: FKIP Universitas Jember, I (2): 10-14.

Irawan, Bayu Putra. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”.Journal of Mathematics Science and Education. Vol. 1, No. 1, 38-54.

Konita, Mita., Asikin, M., Asih, T. S. N. (2019). “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)”.Journal PRISMA.Vol. 2.611-615.

Kurniati, Ayang dan Sari, Arnida. (2019). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa”. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol. 2, No. 2, 137-147

Rahman, Linda., Fitraini, Depi., Fitri, Irma. “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar”. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol. 2, No. 1, 001-010




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter