Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal Pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind

Yassirly Yuzalia, Hayatun Nufus, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis Newman’s error peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi materi himpunan berdasarkan gaya kognitif dan Habits of Mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas IX Maryam SMP IT Al-Fatah Minas. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan teknik nontes (angket, wawancara, dokumentasi) dan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi pada materi himpunan, soal tes GEFT, angket Habits of Mind, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik berdasarkan kemampuan komunikasi matematis pada indikator mengeskpresikan ide-ide matematis ke dalam bentuk gambar. (2) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD yaitu kesalahan pada tahap memahami, sedangkan gaya kognitif FI pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. (3) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan HoM kategori tinggi dan sedang yaitu pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan peserta didik dengan HoM kategori rendah pada tahapan memahami. (4) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FI HoM tinggi, dan FI HoM sedang yaitu pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Kesalahan yang dilakukan FIHoM rendah dan FD HoM tinggi yaitu pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan, peserta didik dengan gaya kognitif FD HoM sedang yaitu pada tahap memahami.


Full Text:

PDF

References


Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Costa, A. L., & Kallick, B. (1996). Learning and Leading with Habits of Mind: 16 Essential Character for Succes. Forest Stewardship Council.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. Jurnal JPPM, 11(2), 91–104.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis [Preprint]. SocArXiv. https://doi.org/10.31235/osf.io/kmwg6

Handayani, A. D. (2015). Mathematical Habits of Mind: Urgensi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 223–230.

Hizqiyah, I. Y. N., Ibrahim, Y., & Nurfitriyana, Y. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Habits of Mind dalam Kemampuan Mengendalikan Impulsivitas Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 15–21.

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Journal, 3(2), 174–188. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Oh, E., & Lim, D. (2005). Cross Relationships between Cognitive Styles and Learner Variables in Online Learning Environment. Journal of Interactive Online Learning, 4(1), 14.

Prastiti, T. D. (2009). Implementasi Realistic Mathematics Education dengan Memperhatikan Gaya Kognitif Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika SMP. 4(1), 67–78.

Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) terhadap Penguasaan Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2), 181–185. https://doi.org/10.30998/sap.v2i2.2091

Rahman, I. H., Yassar, M. M., Fauziah, N. S., Rohmi, N., & Sugilar, H. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Perspektif, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.15575/jp.v3i1.36

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tandilling, E. (2012). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Self- Regulated Learning Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 24–31.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Prenada Media Group.

Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter