Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP/MTs

Nurul Izatul Azizah, Granita Granita

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa. Berdasarkan obeservasi dan tes pendahuluan dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Sehingga model pembelajaran problem based learning menjadi salah satu alternatif solusi. Desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design. Adapun teknik sampel yaitu Cluster Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.3 sebanyak 30 orang dan siswa kelas VIII.4 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self confidence, dan lembar observasi guru dan siswa.  Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, tidak terdapat interaksi self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa


Full Text:

PDF

References


Amam, Asep. (2017). “Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.” Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema). Vol. 2 No. 1, no. P-Issn 2541-0660, E-Issn 2597-7237.

Bandura, A. (1994). “Self-Efficacy. Dalam V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior,.” New York: Academic Press. [Online]. Vol. 4. http://www.des.emory.edu/mfp/BanE ncy.html.

Cahyani, Hesti dan Setyawati. (2016). Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.

Discussion Draft. (1998). Principles and Standards for School Mathematics . NCTM.

Mendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, Heris. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 19, Nomor 1.

Mayer, E. Robert. 2008. Learning and Instruction. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Mendikbud RI. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Mudlofir, Ali dkk. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek,. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Siti Nur Janatun Naim. Dewanti. (2016). Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono Tahun Ajaran 2015/2016. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Napitupulu, E. Elvis. (2008). Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik. Jurnal Phytagoras. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan, Vol. 4, No. 2

Lestari, P. D. (2015). Keefektifan Model ProblemBased Learning Dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Putri, Rini S, Suryani dan Jufri. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2.

Polya, G. (1985). How to Solve It 2nd ed Princeton University Press, New Jersey.

Ramdan, Zaenal M. dkk. (2018). Analisis Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol. 7, No.2.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 8, No. 3.

Suprapto, Edy. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif, Jurnal Invotec, Volume XI, No.1,

Ulfa, Desnani dkk. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTS, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 03, No. 02.

Wulandari Dan Njm Sinambela. (2017) Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif, p-ISSN : 2442-8876, e-ISSN : 2528-0475.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter