Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Irma Fitri, Nurul Hidayatul Fuadah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen Design. Waktu penelitian pada semester genap T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru  dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pemahaman konsep dan angket minat belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe  Numbered Heads Together (NHT)  dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%p

Chaerani, A. D. (2020). Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning. PeTeKa, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.53-62

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Harahap, H. H., & Makmur, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 4 Padang Sidimpuan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 40–49.

Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi Bahan Ajar Persamaan Diferensial dengan Metode Guided Discovery Berbantuan Software Mathematica untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.133

Kurniati, A., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 137–147. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7494

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (t.t.). TIMSS 2015 International Result in Mathematics.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (t.t.).

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34

Proggame For International Students Assessment (PISA). (2018). OECD.

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 196–203.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Remaja Grafindo.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter