Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa

Zulhendri Zulhendri, Ramon Muhandaz

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran open-ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain factorial eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, yaitu siswa kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan siswa dan guru, lembar angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional  jika berdasarkan disposisi matematis tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan pendekatan open-ended dan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan open-ended dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Disposisi matematis siswa perlu ditingkatkan guna mendukung keberhasilan belajar matematika siswa. 

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2018). Literasi matematis dan upaya pengembangannya dalam pembelajaran di kelas. Seminar Pendidikan Matematika.

Agustini, R. Y., Suryadi, D., & Jupri, A. (2017). Construction of open-ended problems for assessing elementary student mathematical connection ability on plane geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012148

Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 20013.

ES, Y. R., & Harta, I. (2014). Keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113–126. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Reflika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh open-ended terhadap prestasi belajar , berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Metode penelitian matematika. Reflika Aditama.

Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis pengaruh disposisi matematis, kemampuan berpikir kreatif dan persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Musharafa, 5(3), 205–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics.

Nurdin, E. (2012). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa melalui pendekatan visual thinking: kuasi-eksperimen pada siswa salah satu MTs Negeri di Tembilahan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh pendekatan visual thinking terhadap kemampuan koneksi matematis. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

OECD. (2018). Pisa 2015 result in focus. OECD, 2015. https://doi.org/10.1596/28293

Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 43. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan oada peserta didik. FMIPA UPI.

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Masmedia Buana Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter