Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2

Cintya Rani Triana, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa ditinjau dari self confidence dengan fokus pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Insan Utama 2. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengidentifikasi kategori self confidence siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan self confidence tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis paling rendah pada indikator menyelesaikan persoalan menggunakan bahasa sendiri (Written text), (2) subjek dengan self confidence sedang dan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis paling rendah pada indikator mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika (Mathematical Expressions), (3) terdapat keselarasan antara kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa, siswa dengan self confidence tinggi secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong sedang dengan persentase 55,09%. Siswa dengan self confidence sedang secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong rendah dengan persentase 25%. Siswa dengan self confidence rendah secara rata-rata memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong rendah dengan persentase 6,02%.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Konstekstual Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Bone. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 42.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika: Desimal, 152.

Astuti, A., & Leonard. (t.t). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, S. P. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. Jurnal Prisma, 68.

Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Prisma, 709.

PISA. (t.t). OECD iLibrary.

Ritonga, S. N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifzil Qur'an Medan Tahun AJaran 2017/2018. Medan, Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri SIswa melalui Blended Learning. Jurnal UJMER, 22.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Percaya Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 93.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter