Sekolah Siaga Bencana SMPN 1 Kecamatan XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia

Hendra Saputra, Roswati Roswati, Fatmawati Fatmawati, Yulia Novita, Nelvawita Nelvawita

Abstract


Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasis sekolah bertujuan menciptakan komunitas sekolah yang siaga terhadap bencana. Tujuan Penelitian adalah untuk mengindentifikasi peran guru dalam menyelenggarakan SSB dan Kebijakan Sekolah Siaga Bencana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMPN1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian dengan Purvosive Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu Siswa, guru Geografi dan Wakil Kurikulum. Berdsarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: tingkat pengetahuan siswa itu tergolong cukup baik dengan persentase 77,14 % dan tingkat pengetahuan guru nya cukup baik juga dengan persentase 76,79%. Untuk kebijakan sekolah siaga bencana di SMP N 1 Tarusan  pada tingka siswa tergolong Rendah sekali pada parameter kebijakan dengan persentase 11,42%, tergolong sangat rendah juga pada parameter rencana tanggap darurat dengan persentase 31,66% dan 20% pada parameter mobilisasi sumberdaya berarti juga tergolong rendah sekali sedangkan kebijakan sekolah siaga bencana di SMP N 1 Tarusan  pada tingkat guru tergolong Rendah sekali pada parameter kebijakan dengan persentase 30,36%, tergolong sangat rendah juga pada parameter rencana tanggap darurat dengan persentase 22,92% dan 17,5% pada parameter mobilisasi sumberdaya berarti juga tergolong rendah sekali.

Keywords


Sekolah Siaga Bencana, Pengurangan, Risiko,

Full Text:

PDF

References


Alhadi, Zikri. 2011. Upaya Pemerintah Kota Padang untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Ancaman Bencana Gempa dan Tsunami. Tesis tidak diterbitkan. FISIP-UI

Ati ASTUTI. 2015. Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana di SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Asih Dwi Hayu Pangesti. 2012. Gambaran tingkat pengetahuan dan aplikasi kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas Indonesia tahun 2012. Depok. Universitas Indonesia.

Dierektorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.Gem pa Bumi dan Tsunami.

Hermon, Dedi. 2012. Mitigasi Bencana Hidrometeorologi. Padang: UNP Press.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Strategi Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Jakarta.

Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. 2011. Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta.

Moleong,Jl. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda.

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Rineka Cipta: Jakarta.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Panduan Rehabilitasi dan Rekonstruksi PascaBencana

Pratama,Putra Ahmad. 2011. Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Penanggulangan Bencana Volume 2 Nomor 1.

Pusat Pendidikan Mitigasi Bencana (P2MB) Universitas Pendidikan Indonesia (Online) http://p2mb.geografi.upi.edu/Sekolah_Siaga.html.Diakses tanggal 17 oktober 2017.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Triadmadja, Radianta. 2010. Tsunami. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v1i1.14040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats


Lisensi Creative Commons
El-Jughrafiyah Journal shared below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.