Perencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam untuk Meningkatkan Penjualan pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari dengan Metode Marketing Mix dan Topsis

Dewi Diniaty

Abstract


Peternakan Budi Daya Alam Lestari merupakan usaha yang bergerak dibidang unggas yaitu telur ayam. Permasalahan yang dihadapi oleh Peternakan budi daya alam lestari ini yaitu menurunnya jumlah pendapatan dan terus meningkatnya biaya pokok dalam perawatan unggas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan telur  dengan metode Marketing Mix dan menentukan strategi terpilih dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan metode Marketing Mix  terdapat dua faktor yang mempengaruhi penjualan telur ayam yaitu dimensi promosi dan harga . Pemilihan strategi pemasaran dilakukan dengan Ratting Scale jawaban konsumen dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil pengolahan data dari Ratting Scale dimensi yang menduduki skor tertinggi adalah dimensi promosi dengan nilai 0,78, dan dimensi harga dengan nilai 0,22. Strategi pemasaran terpilih dari hasil pengolahan metode TOPSIS adalah alternatif 1 yaitu dimensi promosi dengan nilai 0,78 dimana perusahaan berusaha untuk melakukan promosi yang cukup besar yaitu memberikan diskon harga pada biaya transportasi ongkos kirim untuk diantar ke konsumen yang tidak membeli secara langsung, memberikan potongan harga apabila membeli telur dalam jumlah besar, dengan tujuan dapat menarik pelanggan baru, mendorong pelanggan membeli lebih banyak dan dapat mengupayakan kerja sama yang cukup erat. juga meningkatkan promosi dapat diperoleh tidak hanya dari mulut ke mulut tetapi juga dari media social seperti facebook, instagram, whatsapp dan radio.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, TOPSIS

Perencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam untuk Meningkatkan Penjualan pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari dengan Metode Marketing Mix dan Topsis


Full Text:

PDF

References


Ansofino. 2016. “Integrasi Perekonomian Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat Menuju Integrasi Pasar Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”. Jurnal IPTEKS Terapan. STKIP PGRI. Sumatera Barat.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penertbit Rineka Cipta. Jakarta.

Arvianto. A. 2014. “Pemilihan Strategi Pemasaran Pada PT. Nyonya Meneer dengan Menggunakan Pendekatan Metode ANP dan TOPSIS” Jurnal J@ti Undip, Volume 9, No.1. Januari.. Available

Azmi, M. 2013. “Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Memilih Usaha Waralaba Makanan Menggunakan Metode Topsis”. Jurnal Elektron Volume 5 Nomor 2 Desember, 2013. Politeknik Negeri Padang.

Basyaib, F. 2004. “Teori Pembuatan Keputusan”. Gramedia Widiasarana Indonesia. PT Grasindo. Jakarta.

Cannon, P. Perreault dan Charthy.2008. “Pemasaran Dasar Basic Marketing Pendekatan Manajerial Global”. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.

Eriyanto. 2007. “Teknik Sampling Analisis Opini Publik”. PT LkiS Pelangi Aksara. Yogyakarta.

Ibnularoby,. 2013. “Persepsi Konsumen Terhadap Marketing Mix-7P pada Perusahaan PO.SAN Bengkulu”.

Lvy, Jonathan., 2008. “A New Higher Education Marketing Mix The 7Ps For MBA Marketing”. City University, Birmingham. UK.

Nasution, Rozaini. 2003.“Teknik Sampling”. Tugas Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (Digized by USU Digital Library). Medan.

Nofriansyah, D. 2014. “Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan”. Deepublish. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Pardede, P, P., 2011. “Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan”. Terbitan Ketujuh. Halaman 23-25, 33-34, Terbitan Mitra Wacana Media.

Rendy,. Defie. “Analisa Pengaruh Activity Based Costing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Organisasi”. Jurnal Business Accounting Review Vol. 1, No. 2, Jurusan Akuntansi Bisnis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Santoso, S. 2017. “Statistik Multivariat Dengan SPSS”. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Suharyanto, H. 2003. “Langkah Pertama Jadi Pengusaha UMKM”. Jubilee Enterprise.

Tjiptono, F, Chandra, G,Dan Adriana, D,. 2008. “Strategi Pemasaran”. Edisi Pertama, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Umar. H. 2003. “Metode Riset Bisnis Dilengkapi”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wicaksono, Y. 2006. “Ssbbti: Apl. Exel Menganalisis Data+cd”. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Zulfikar. 2016. “Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika”. Grup Penerbitan CV Budi Utama. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v4i2.6197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Diniaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.