PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SMARTPHONE

Rina Marlina Fitriana, Ulfa Yuniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen dalam membeli smartphone. Penelitian ini memiliki satu variable bebas yaitu persepsi kualitas, yang terdiri dari sebelas dimensi yaitu harga, nama merek, reputasi perusahaan, negara pembuat, kinerja, fitur, reliabilitas, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Pada variable terikat yaitu kepuasan konsumen, juga memiliki tujuh dimensi yaitu kinerja, fitur, reliabilitas, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada 89 responden yang merupakan mahasiswa UMBandung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji korelasi produk moment. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi kualitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli smartphone.


Keywords


persepsi kualitas, kepuasan konsumen, pembelian, smartphone

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i2.9452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id