ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DUKUNGAN KEPALA DAERAH RIAU TERHADAP JOKOWI-MA’RUF AMIN DI MEDIA ONLINE BERTUAHPOS.COM PERIODE OKTOBER 2018

Dinia Mutiarahmi, mustafa mustafa

Abstract


Kasus dukungan kepala daerah Riau terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin dengan menggunakan nama bupati/walikota pada masa kampanye cukup menyita perhatian publik. Melihat permasalahan pemilu yang selalu muncul setiap masanya, hal ini tentu menjadi santapan menarik bagi media massa untuk memberitakannya. Salah satu media massa yang memberitakan kasus ini adalah Bertuahpos.com dengan 17 berita yang lebih cenderung kepada Bawaslu Riau untuk memeriksa kepala daerah yang melanggar aturan pemilu dalam beritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bertuahpos.com membingkai kasus dukungan kepala daerah Riau terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin periode Oktober 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualittif dengan metode analisis framing model Robert N. Entman yang memiliki empat perangkat yaitu, Define problems (pendefinisian masalah), Diagnose Causes (sumber masalah), Make Moral Judgement (membuat keputusan moral) dan Treatment Recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini pada pendefinisian masalah adalah Bertuahpos.com melihat masalah ini bukan hanya masalah hukum melainkan masalah etika dan politik. Pada sumber masalah, Bertuahpos.com menempatkan kepala daerah Riau sebagai penyebab masalah dalam kasus ini. Untuk keputusan moralnya adalah dukungan yang dilakukan kepala daerah adalah dukungan yang positif meskipun menggunakan nama jabatan. Pada elemen menekankan penyelesaian, Bertuahpos.com merekomendasikan agar masalah ini tidak ditindaklanjuti karena kepala daerah terbukti tidak melanggar aturan apapun.

 


Keywords


Framing, Dukungan kepala daerah Riau, Media Online

Full Text:

PDF

References


Referensi

Sumber Buku

Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Arifin, Anwar. Komunikasi Politik. Yogyakarta:Graha Ilmu, 2011.

Barus,Sedia Willing. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita.

Jakarta:Erlangga, 2010.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2010.

Darmawan, Ikhsan. Analisis Sistem Politik Indonesia. Bandung:ALFABETA, 2013.

Eriyanto. Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta:LkiS, 2002.

Hamad, Ibnu. Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa. Jakarta:GRANIT, 2004.

K, Septiawan Santa. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama. Jurnalistik Teori dan Praktek. Bandung:Rosda, 2003.

Mulyana, Dedi. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:Rosda, 2015. Nurudin. Jurnalisme Masa Kini. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2009. Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Sobur, Alex. Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Sudianto. Komunikasi Politik. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2016. Sumadiria, Haris. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media, 2014.

Tamburaka, Apriadi. Agenda Setting Media Massa. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Tim Redaksi kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Yunus, Syarifudin. Jurnalistik Terapan. Bogor:Ghalia Indonesia, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i5.9144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id