REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM VIDEO KLIP TERSIMPAN DI HATI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

Putri Yuliaswir, Assyari Abdullah

Abstract


Video klip tidak hanya dipandang sebagai ungkapan ekspresi pemusik terhadap karyanya tetapi video klip sudah menjadi media komunikasi yang tepat untuk memperkenalkan sebuah kebudayaan, seperti budaya Jawa yang terdapat pada video klip Tersimpan di Hati. Di mana video klip ini merepresentasikan kebudayaan Jawa dari segi kesenian dan alamnya, seperti tarian, alat musik, bahasa, serta pemandangan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi budaya Jawa dalam video klip Tersimpan di Hati yang di populerkan oleh Eka Gustiwana berkolaborasi dengan Prince Husein dan Sara Fajira melalui kanal Youtube tahun 2018. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang berangkat dari tiga elemen utama yaitu tanda (sign), acuan tanda (object), dan pengguna tanda (interpretant). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terkait dengan tanda, menunjukkan para musisi lokal dan lirik dalam video klip Tersimpan di Hati berhubungan dengan budaya Jawa. Lalu objek yang ditampilkan berupa bahasa Jawa yang digunakan oleh penyanyi dengan gaya rap, perahu sebagai transportasi sehari-hari di wilayah perairan pulau Jawa, petani sawah sebagai sumber mata pencarian masyarakat Jawa, dan kesenian seperti wayang orang, sinden, serta berbagai alat musik khas Jawa berupa gamelan, drumblek, patrol, serta gejog lesung. Selanjutnya interpretan yang menunjukkan adanya makna-makna mengenai representasi budaya Jawa yang menggambarkan keberagaman dan kemakmuran masyarakat Jawa. 


Keywords


Youtube, video klip, budaya jawa, perahu, petani sawah, gejog lesung, gamelan,

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dkk. 2014. “Komunikasi Massa Suatu Pengantar”. Bandung: Sibiosa Rekatama Media.

Askurifai, Baksin. 2009. “Videografi Operasi Kmaera dan Teknik Pengambilan Gambar”. Bandung: Widya Padjajaran.

Baran, Stanley J., 2012. “Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya”. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Bahari, Hamid. 2011. “Kitab Budaya Nusantara”. Jogyakarta: Diva Press.

Bungin, Burhan. 2005. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2003. “Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif”. Jakarta: KIK Press.

Endraswara, Suwardi. 2005. “Tradisi Lisan Jawa: Warisan Abadi Budaya Leluhur”. Yogyakarta: Narasi.

Fiske, John. 2012. “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

H. Hoed, Benny. 2011. “Semiotik & Dinamika Sosial Budaya”. Jakarta: Komunitas Bambu.

Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London, Thousand Oaks, dan New Delhi: Sage Publications-Open University.

Koentjaraningrat. 1979. “Pengantar Ilmu Antropologi”. Jakarta: Aksara Baru.

Kriyantono, Rachmat. 2006. “Teknik Praktis Riset Komunikasi”. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Mabruri KN, Anton. 2013. “Manajemen Produksi Program Acara TV”. Jakarta: PT Grasindo.

McQuail, Denis. 2011. “Teori Komunikasi Massa”. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. 2004. “Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

---------------------. dan Jalaluddin Rakhmat. 2006. “Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paeni, Mukhlis. 2009. “Sejarah Kebudayaan Indonesia Bahasa, Sastra, dan Aksara”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

-----------------. 2009. “Sejarah Kebudayaan Indonesia Seni Pertunjukan dan Seni Media”. Jakarta: PT RajaGrafindo Perkasa.

-----------------. 2009. “Sejarah Kebudayaan Indonesia Sistem Teknologi”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sedyawati, Edi. 1981. “Pertumbuhan Seni Pertunjukan”. Jakarta: Sinar Harapan.

Seto Wahyu Wibowo, Indiwan. 2013. “Semiotika Komunikasi-Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi”. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sobur, Alex. 2013. “Semiotika Komunikasi”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

---------------. 2012. “Analisis Teks Media”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamburaka, Apriadi. 2013. “Literasi media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa”. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Tumanggor, Rusmin, dkk. 2010. “Ilmu Sosial dan Budaya Dasar”, Jakarta: Kencana.

Vera, Nawiroh. 2014. “Semiotika dalam Riset Komunikasi”. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri, Estetika. Representasi Budaya Kutai Dalam Video Klip Lagu Lembuswana. Vol. 3, No. 1, 2015.

Ardianda, Abi. Representasi Kecantikan Dalam Video Klip Bercahaya (Analisis Semiotika John Fiske Dalam Iklan Kosmetik PONDS). Vol. 3 No. 2, Agustus 2016.

Mentari S. Tridika, “Representasi Adat Jawa Dalam Video Klip (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Video Klip Teman Hidup oleh Tulus)”. Skripsi Program Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Surya, Serpong, 2015.

Prayoga, Andhika. “Representasi Penyesalan Dalam Video Klip Musik (Analisis Semiotik Dalam Video Klip Iwan Fals & Noah “Yang Terlupakan”)”. Skripsi Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Malang, 2017.

Syafei, M. Pinter, Zikri Fachrul Nurhadi, dan Leadya Raturahmi. “Representasi Makna Pesan Budaya Sunda Dalam Film Kawin Kontrak (Studi Semiotika Peirce Tentang Representasi Budaya Sunda Dalam Film Kawin Kontrak)”. (Juni 2017), Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Garut, 2017.

Harwendo, Rionaldo. “Analisis Semiotika Representasi Perilaku Masyarakat Jawa Dalam Film Kala”, Wacana, Vol.14, No.3, Agustus 2014.

Natha, Glory. “Representasi Stereotipe Perempuan dan Budaya Patriarki dalam Video Klip Meghan Trainor All About That Bass”, Jurnal e-Komunikasi, Vol.5, No.2, 2017.

Admin. 2018. Fakta Menarik Dibalik Lagu Tersimpan Di Hati – Eka Gustiwana (ft. Prince Husein & Sara Fajira). http://www.trendingdunia.net/fakta-menarik-dibalik-lagu-tersimpan-di-hati-eka-gustiwana-ft-prince-husein-sara-fajira/. Diakses 21 Februari 2019.

Azidiky, Mochammad Jimly. Tergesernya Budaya Asli Indonesia oleh Budaya Barat. https://www.kompasiana.com/mochammadjimly/5750657bc723bde10ae99182/tergesernya-budaya-asli-indonesia-oleh-budaya-barat. Diakses 21 Februari 2019.

Bintang Pagi. Sekilas Tentang Foto Udara dan Aerial Sinematografi. http://bintangpagi.com/sekilas-tentang-foto-udara-dan-aerial-sinematografi/. Diakses 10 Agustus 2019.

Budaya Jawa. Kesenian Drumblek, Seni Asli Salatiga. https://budayajawa.id/kesenian-drumblek-seni-asli-salatiga/. Diakses 14 Juli 2019.

Budaya Jawa. Musik Patrol, Musik Tradisional Asal Jawa Timur. https://budayajawa.id/musik-patrol-musik-tradisional-asal-jawa-timur/. Diakses 15 Juli 2019.

Ilmu Seni. Kebudayan Jawa: Jenis, Contoh, dan Sejarahnya. https://ilmuseni.com/seni-budaya/kebudayaan-jawa. Diakses 21 Februari 2019.

Good News From Indonesia. Gejog Lesung Musik Klasik Alat Tani. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/01/31/gejog-lesung-musik-klasik-alat-tani. Diakses 12 Agustus 2019.

Describe Indonesia . Culture.

http://www.describeindonesia.com/culture/item/351-keris,-lebih-dari-sekadar-pusaka.html/. Diakses 21 Februari 2019.

Khairunnisa. Macam-Macam Kebudayaan Material dan Nonmaterial yang Terdapat dalam Adat Suku Dayak.

https://www.academia.edu/3684770/macam-macam_kebudayaan_material_dan_non_material_yang_terdapat_dalam_adat_suku_dayak. Diakses 3 Maret 2019.

Negeri Indonesia. Sinden Seni Menyanyi Tradisional Dari Jawa. http://www.negerikuindonesia.com/2015/07/sinden-seni-menyanyi-tradisional-dari.html. Diakses 14 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i5.8762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id