¬STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP ASURANSI KECELAKAAN LALU-LINTAS JALAN DAN PENUMPANG UMUM PADA PT. JASA RAHARJA CABANG RIAU

eko septian saputra, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi permasalahan bahwa pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi berada di persentase rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum pada PT. Jasa Raharja cabang Riau. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, PT. Jasa Raharja menerapkan beberapa strategi seperti sosialisasi dan program kemitraan, publikasi media, mengontrol data lalu-lintas di satlantas, dan menangani korban kecelakaan di rumah sakit. Strategi tersebut berperan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum. Berdasarkan aspek seperti menekan jumlah kecelakaan, jumlah santunan yang diberikan mengalami penurunan, survey pelayanan kepuasan masyarakat mencapai hasil yang baik dan penanganan korban yang dilaporkan kepada pihak kepolisian atau rumah sakit ditangani dengan cepat. Ini mengindikasikan bahwa masyarakat sudah semakin mengerti tentang asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum.

Kata kunci: Strategi, Humas, Asuransi


Full Text:

PDF

References


Jalaludin, Rachmat (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muntahar, Sudiro (1985). Hubungan Masyarakat Fungsi dan Peranan Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Ruslan, Rosady (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady (2003). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudianto (2016). Komunikasi Politik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh & Elvinaro, Ardianto (2004). Dasar Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Artikel Jurnal:

Artis (2011). Strategi Komunikasi Public Relations. Jurnal Sosial Budaya 8(2), 195.

Herdiana, Dedi & Khoiruddin (2016). Peran dan Strategi Humas Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 317.

Mardiana, Wike (2016). Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk Meningkatkan Citra di Mata Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi Untag Surabaya, 4.

Nawasanty, Putry Dya (2016). Strategi Public Relations Jasa Raharja Jawa Timur dalam Menginformasikan Produk Asuransi Sosial kepada Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 74.

Putri Hambali, Muthia Megawati (2017). Strategi Humas Perusahaan Donggi Senoro Liquefied Natural Gas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. e-journal Acta Diurna, 15.

Putra, Riel Yandi & Salam, Noor Efni (2012). Fungsi Public Relations Dalam Mensosialisasikan Budaya Perusahaan. Jurnal Public Relations, 75.

Dokumen Resmi:

Jasa Raharja Annual Report. (2016). Menjaga Generasi Bangsa Terjamin Berkelanjutan. Jakarta: PT. Jasa Raharja Pusat.

Website:

Lingkup Jaminan. (2019). Tersedia dari: https://www.jasaraharja.co.id/

Profil Perusahaan dan Jaringan Kantor. (2018). Tersedia dari https://www.jasaraharja.co.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id