Tingkat Kepuasan Pemanfaatan Grup Media Sosial Whatsapp Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Suska Riau

putri himmatus soliha, suhaimi suhaimi D, assyari abdullah

Abstract


Grup media WhatsApp dimanfaatkan mahasiswa program studi ilmu komunikasi untuk menerima dan menyebarkan informasi terkait kehadiran dosen, tugas, diskusi, dan kegiatan perkuliahan. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif yang melibatkan 94 sampel. Teori yang digunakan adalah Uses and gratification. Teknik analisis data adalah membandingkan mean dari gratification sought dan gratification obtained dan menguji tingkat signifikansinya dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian selisih dari nilai mean motif (Gratification Sought) dan kepuasan (Gratification obtained), maka didapatkan hasil yang sangat memuaskan berada pada indikator hiburan dengan selisih mean -0,17, dan peringkat terakhir pada indikator informasi dengan selisih mean sebesar -0,01. Berdasarkan hasil Paired Samples Correlations diketahui bahwa α = 0,05 lebih besar dari nilai sig atau [0,05 ≥ 0,000] maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan dalam pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media informasi bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau.

 

Kata kunci : Kepuasan, WhatsApp, Uses and Gratification

 


Full Text:

PDF

References


Adiba, Ummi Sarah. Pengaruh Kualitas Sistem dan pengaruh Kualitas Layanan Terhadap penggunaan Aplikasi Pesan Instan Whatsapp pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.5, No.4, 2017.

APJII. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/content/read/39/342/hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-pengguna-Internet-Indonesia-2017, (diakses 9 Desember 2018).

Arianti, Gusmia. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path. eJournal Administrasi Bisnis Vol.16, No.2, 2017.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2005.

Fiske, John. pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta, 2016.

Hardani, Dika. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Uin Suska Riau sebagai Pengakses Internet Pada Situs Detik.com [Skripsi]. Riau: UIN Sultan Syaruf Kasim. 2011.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana,2006.

Lynn, dan Richard. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika. 2014.

Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana, 2013.

Nurudin. pengantar Komunikasi Massa. Jakarta:Grafindo Persada,2013.

Rahmatullah, Randi. Penggunaan Media Sosial Whatsapp Messenger Terhadap Pencarian Informasi. [Skripsi]. Padang: UIN Imam Bonjol. 2017.

Septiana, Irmalia. Hubungan Antara Motif dan Kepuasan Penonton Pada Program Islam Itu Indah Trans TV. [Skripsi]. Jakarta. UIN Hidayatullah. 2013.

Severin, Tankard. Teori Komunikasi:Sejarah, Metode dan Terapandi Dalam Media Massa. Jakarta:Kencana,2011.

Siregar ,Syofian. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

WhatsApp.com, Dalam http://www.whatsapp.com/about/ (Diakses 12 Desember 2018 ) 15.27.

Yasir. Teori komunikas. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id