IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN PABRIK KELAPA SAWIT PTPN V DI KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

Muhammad Amsor, Darusman Darusman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh program kemitraan dan bina lingkungan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dilingkugan perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program kemitraan dan bina lingkungan pabrik kelapa sawit PTPN V di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi program kemitraan dan bina lingkungan pabrik kelapa sawit PTPN V di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Hasil penelitian ini dapat diketahui implementasi program kemitraan dan bina lingkunagan pabrik kelapa sawit PTPN V di Kecamatan Lubuk Dalam terdapat 7 program diantaranya bantuan pinjaman modal usaha, bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, dari keseluruhan program yang ada di perusahaan PTPN V yang belum terlaksana sesuai dengan proses dan tujuan implementasi serta belum terlaksana secara optimal ada 3 program lagi karena terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan program tersebut seperti kurangnya sosialisi dan penginformasian kepada seluruh masyarakat. 

 

Kata kunci: Implementasi, Kemitraan, dan Bina Lingkungan.


Full Text:

PDF

References


C.St Kansil dan Cristine S.T Kansil, Seluk-Beluk Perseroan Terbatas Menurut Undang-Undang No 40 Tahun 2007, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2009.

Dwi Kartini, Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: Refika Aditama 2009.

Erni R. Ernawan. Business Ethics.Bandung :Alfabeta, 2007.

Gunawan Widjaja & Yeremia Ardi Pratama.Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa CSR.Jakarta:Forum Sahabat, 2008.

Hamid, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya: Pustaka Dua.

Hanifah Harsono, Implementasi Kebijakan Dan Politik, Jakarta: Grafindo Jaya 2002.

Hendrik Budi Untung, Corporate Social Responsibility, Jakarta : Sinar Grafika Offet,2009.

Leo Agustino, Dasar-dasar Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta 2014.

Muhamad Imam Dani Putra, dkk. Urgensi program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) oleh badan usaha milik negara (BUMN), privat law edisi 06.November 2014-februari 2015.

Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada2002.

Oos M. Anwas, Pemberdayaan Masyarakat Global Bandung: Alfabeta, 2013.

Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor 05 Tahun 2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Wibisono, Membedah Konsep & Aplikasi CSR, Gresik: Fascho Publishing, 2007

Mukti Fajar ND, Reni Budi Setyaningrum, Pelaporan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Serta Corporate Social Re- sponsibility Badan Usaha Milik Negara,Media Hukum, 1 Desember 2017, Vol. 24 No. 2

AdeIlhamWahyudi,PandanganIslamTentangCSR,ArtikelDiaksesPadaTgl 8 Januari 2019 dari http://kseiprogres.blogspot.com/2010/01/pandangan-islam-tentang-csr.htm




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i4.7844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id