STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT.PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU

Cici nur afriani, rohayati rohayati

Abstract


Strategi media relations Humas PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) Pekanbaru sudah terjalin cukup lama dengan berbagai media lokal baik cetak maupun online. Namun untuk terus membantu pencapaian tujuan perusahaan strategi media relations harus terus dilakukan. Maka dari itu media relations sangat dibutuhkan dalam membesarkan sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan strategi media relations humas PTPN V Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif serta pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap strategi media relations humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru yang pertama adalah melayani media dengan memberikan keterbukaan informasi, yang kedua membangun reputasi sebagai orang yang dapat di percaya dengan cara memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat, ketiga menyediakan salinan yang baik dimana salinan ini disediakan pada  website ptpn5, keempat bekerjasama dalam penyediaan materi dengan membuat release, yang kelima menyediakan fasilitas yang memadai untuk media seperti pendanaan untuk wartawan penyediaan alat-alat kantor dan yang keenam membangun hubungan personal yang kokoh dengan melakukan berbagai macam kegiatan bersama media seperti buka bersama dengan media, mengundang keacara perusahaan, media gathering, dan masih banyak lagi yang menunjang kegiatan membangun hubungan yang kokoh dengan media.


Full Text:

PDF

References


Ardianto Elvinaro, 2009, Public Relations Praktis( Pendekatan Praktis Menjadi Komunikator,Orator, Presenter dan Juru Kampanye Handal), Padjajaran, Widya Padjajaran.

Cutlip dan Center. (1996). Hubungan Masyarakat (yang diterjemahkan dan dikutip oleh F. Rachmadi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmastuti Rini,2012, Media Relations Konsep, Strategi & Aplikasi, Yogyakarta,Penerbit Andi

Djaja,Danan H.R, 1985,Peranan Humas Dalam Perusahaan,Bandung, Penerbit Alumni

Iriantara, Yosal,2002,Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik, Bandung, Simbiosa Rekatama Media

Kusumastuti, Frida, 2004, Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat,Cetakan Kedua, Bogor, Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J., 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung, Rosdakarya

Nurtjahjani Fullchis & Maharani Trivena Shinta, 2008, Public Realations Citra & Praktek,Malang, Polinema Press

Nurudin,2008, Hubungan Media Konsep dan Aplikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Ruslan, Rosady,2007, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi ,Jakarta, Raja Grafindo

Suhandang Kustadi, 2004, Public Relations Perusahaan Kajian Program Implementasi, Jakarta, Penerbit Nuansa

Wahidin Saputra&Rulli Nasrullah,2014,Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber 2.0,Depok,Gramata Publishing

Wardhani Diah, 2008, Media Relations Sarana Membangun Reputasi Organisasi,Jakarta, Graha Ilmu

Eriyansyah, Strategi Humas Pemerintah Dalam Praktik Media Relations, e-Journal, Tanjung Jabung-Jambi

Meri Meglian, Dkk, Strategi Media Relations PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Dalam Menjaga Citra Positif Pada Kasus Proyek Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang, Vol 5, 2016

R. Sumantri Raharjo , Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations Tvri Yogyakarta Dan Jogja Tv), Vol. 08/No.02/Oktober, 2015

Yohana Amelia Lumoindong, Penerapan Evaluasi Kegiatan Media Relations oleh Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Kota Surabaya, Vol 2, 2018

Website :

http://www.ptpn5.com/statis-5-bidangusaha.html

https://ptpn5.com/struktur-organisasi-2/

https://ptpn5.com/profil-visi-dan-misi/

Lain-Lain :

Company Profile PTPN V Pekanbaru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id