STRATEGI PEMASARAN PAKET IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH DI PT. SELA EXPRESS TOUR KOTA PEKANBARU

Vivi Nurul Afidah, Syahril Romli

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji, tetapi di sisi lain, karena adanya pembatasan kuota haji, maka tidak semua orang bisa langsung berangkat haji pada tahun berjalan, yang disebabkan panjangnya daftar antrian di Indonesia  atau yang sering disebut dengan daftar tunggu (waiting list) yang berkisar 15-20 tahun. Karena adanya sistem waiting list, masyarakat indonesia lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu dan melaksanakan  haji di penyelenggara haji khusus. Permasalahan dalam hal ini adalah hadirnya travel haji dan umroh yang semakin menjamur sehingga menimbulkan persaingan dalam sektor penyedia jasa layanan umroh dan haji khusus, hal ini menunut perusahaan penyedia jasa perjalanan haji dan umroh tersebut harus meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik unggul dan terpercaya, untuk merebut dan menguasai pasar dalam merekrut jamaah haji maupun umroh. Penelitian ini dilakukan di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yang terdiri dari dua orang pimpinan dan tiga orang karyawan Selatour. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian data diatas, dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di  PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru dengan menggunakan bauran pemasaran atau marketing mixpertama melalui produk. Kedua, melalui harga. Ketiga, melalui distribusi. Keempat, melalui promosi. Dari penerapan strategi pemasaran tersebut PT. Sela Express Tour berhasil merekrut jamaah umroh dan haji plus dan terus meningkat dalam setiap tahunya.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Paket Ibadah Haji dan Umroh, Jamaah


Full Text:

PDF

References


Abidah, A. (2016). Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo. Kodifikasi, Vol. 10, No. 1 , 165.

Agustina. (2016). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumerisme Remaja Di SMA Negeri Samarinda. e Journal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman.

Arifin, Gus. (2016). Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo,

Asnaini. (2008). Zakat Produktif dalam Perspektif Islam. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Ba'ly, D. A.-H. (2006). Ekenomi Zakat. Jakarta: Raja Grafindo Persadar.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Eko dan Kebijakan Publik, dll, Jakarta: Kencana

Cahyono Sugeng, A. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung.

Dr. Rulli Narullah, M. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Effendi, & Uchjana, O. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fauziah, Nurul. (2017).Internet Sebagai Media Fundraising, Studi Deskripstif Kualitatif Penggunaan Wibesite Kitabisa.com. Yokyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Manajemen Pendekatan:Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi,, Bandung: ALFABETA, CV.

Putri, Widya, Mormes Maulida. (2017). Analisis Strategi Perencanaan Pesan Pada Akun Instagram E-Commerce @thekufed, The Messeger Volume 9, No 1.

Hamang, Abdul. (2005). Metode Statistika, (Yokyakarta: GRAHA ILMU.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Marwing, A. (2015). Pendekatan Psikologi Dalam Peningkatan Fundraising Zakat. AN-NISBAH, Vol. 02, No. 01. , 4.

Mughniyah, M. J. (2004). Fiqih Lima Mazhab. Jakarta: Lentera.

Muhammad, Kamil Syeikh. (2004). Fiqih Wanita. Jakarta Timur: PUSTAKA AL-KAUTSAR, Cet 25, 263.

Priyatno, Dwi. (2010). Paham Analisis Statistik Data SPSS, (Yokyakarta: MediaKom.

Riduwan, M.B.A. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: ALFABETA.

Rochmac, Siti. (2015). Strategi Fundraising Zakat Di Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid (DPU-DT. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Tahliani, Hani. (2014). Efektifitas Surat Edaran Bupati No 451/32/2/2/Kesra Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Zakat Profesi PNS dalam Pengumpulan Zakat Profesi di Bazda Kabupaten Perawang (Skripsi)

Wijayanto, Felix. (2019). Defenisi, Fungsi, Karakteristik Social Media. http://prezi.com/vddmcub -ss /social-media-defenisi-fungsi-karakteristik/. diakses pada tanggal 3 februari 2019

Zulkifli. (2014). Panduan Praktis Pintar Memahami Zakat. Pekanbaru: Suska Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id