Model Komunikasi Guru Dan Murid Di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jalan Merpati Sakti Kecamatan Tampan Pekanbaru Dalam Membangun Aspek Kreativitas

Mega Handayani, Julis Suriani

Abstract


Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi yang digunakan oleh guru dan murid di SLB Pelita Hati Jalan Merpati Sakti Kecamatan Tampan Pekanbaru dalam membangun aspek kreativitas. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sebagai penelitian deskriptif kualitatif, peneliti hanya memaparkan situasi peristiwa. Tidak mencari hubungan, dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi.Pada proses komunikasi guru dan murid di SLB Pelita Hati Pekanbaru, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa model komunikasi yang berlaku, yaitu model komunikasi interaksional, model komunikasi psikologis dan model komunikasi instruksional. Ketiga model komunikasi tersebut diatas merupakan model komunikasi yang sering digunakan dalam prakteknya membangun kreativitas anak. Model komunikasi interaksional merupakan model komunikasi dasar yang kerap digunakan dalam keseharian makhluk hidup untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Begitu pula bagi guru dan murid di SLB yang menggunakan model komunikasi interaksional dalam hal belajar-mengajar. Hal ini bertujuan untuk melatih murid berkebutuhan khusus agar mampu berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya.

Full Text:

PDF

References


Ruben Brent D. dan Lea P. Stewart. Communication and Human Behavior. United States: Allyn & Bacon. 2006.

H.A.W, Widjaja. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2000.

Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. 2004.

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Badung: Remaja Rosdakarya. 2006.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

Jalaludin, Rachmat. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.

N. K, Roestiyah. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.1994.

http://gotot-uniwa.blogspot.com/2012/02/model-komunikasi-dalampendidikan.htmp?m=1 (diakses pada 14 April 2018 pukul 1.44 WIB)

http://sevannisa.blogspot.com/2012/11/model-komunikasi-lasswell-dalam.html?m=1 (diakses pada 14 April 2018 pukul 1.53 WIB)

http://gotot-uniwa.blogspot.com/2012/02/model-komunikasi-dalampendidikan.htmp?m=1 (diakses pada 14 April 2018 pukul 1.44 WIB)

Anwar, Arifin. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press. 1992.

Suparno. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. 2007.

http://digilib.uinsby.ac.id/5937/5/

http://www.academia.edu/9545393/

Pratiwi, Ratih Putri dan Afin Murtiningsih. Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

http://sekolahslbpekanbaru.blogspot.com/2016 /09 /sekolah-luar-biasa-pelita-hati-pekanbaru.html?m=1 (diakses pada 11 Januari 2018 pukul 13.00 WIB)

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. 2004

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i2.7340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id