PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERKAWINAN DI KUA KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

ISTU RAHMI, ZULAMRI ZULAMRI

Abstract


Keputusan untuk menikah sangat penting untuk dilakukan dalam setiap kehidupan individu, karena sangat memerlukan pertimbangan yang serius dari berbagai pihak terutama individu yang bersangkutan. Peran keluarga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Keluarga berhak membimbing dan membuat keputusan setuju atau tidak setujunya dilakukan perkawinan ini dengan cara bermusyawarah. Akibat kurangnya keberfungsian keluarga dan gagalnya pengambilan keputusan bisa memicu terjadinya nikah tanpa adanya restu bahkan sampai terjadinya nikah siri. Nikah siri bisa terjadi tanpa sepengetahuan keluarga dan tanpa adanya wali yang sah dari perempuan serta tidak daftar dengan resmi di Kantor Urusan Agama. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tedapat pengaruh keberfungsian keluarga terhadap pengambilan keputusan perkawinan. Deskriptif kuantiatif merupakan metode yang penulis gunakan. Adapun populasi dalam sebanyak 384 orang, Dengan menggunakan rumus slovin penulis dapat mengetahui sampel yang harus diambil sebanyak 80 orang responden. Selanjutnya ditentukan dengan meyebarkan angket kepada seluruh responden, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Linear sederhana. Dari uji signifikan diketahui besarnya nilai signifikan lebih kecil dari probalitas atau 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keberfungsian keluarga terhadap pengambilan keputusan perkawinan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas, Fiqh Munakahat Khitbah, Nikah dan Talak. Jakarta: Amzah, 2005.

Abdul Lathif Al-Brigawi, Fiqh Keluarga Ghozali Syafi’I. Sistem Pengambilan Keputusan dan Informasi. Pekanbaru: Suska Press, 2015.

Abdul Lathif Al-Brigawi. Fiqh Keluarga Muslimah. Jakarta: Amzah, 2014.

Abdul Rahman Ghozali. Fiqh Munakat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup, 2003.

Dato’ Zulkifli Mohd Yussoff dan Syamruddin Nasution. Pernikahan Beda Agama dalam Al-Quran. Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau, 2011.

Irham Fahmi. Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

S.P Siagian. Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan. Jakarta: CV Haji Masagung

Sri Lestari, Psikologi Keluarga, Jakarta: Kencana, 2012.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Syofian Siregar. Statistik Paramerik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Alsara, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i2.7321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


           

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id