PEMANFAATAN KONTEN STREAMING GREEN RADIO DALAM MENINGKATKAN PROMOSI KE PENDENGAR DI PEKANBARU

Embar Putri Widyastuti, Tika Mutia

Abstract


Sebagai media yang intens menginformasikan kondisi lingkungan di daerah Riau, Green Radio 96,7 FM ingin melebarkan sayapnya dengan membuat inovasi yaitu membangun website dengan aplikasi streaming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan dari konten streaming sebagai sarana mempermudah dan meningkatkan promosi kepada para pendengar Green Radio 96,7 FM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa Crew Green Radio 96,7 FM dan juga pendengar Green Radio. Informan penelitian diantaranya adalah Station Manager, Production IT dan Programme Director dari Green Radio 96,7 FM serta beberapa orang pendengar setia Green Radio. Hasil penelitian yang didapatkan adalah efektifnya pemanfaatan konten streaming yang dibentuk guna memberikan edukasi kepada pendengar,  memberikan informasi mengenai kondisi sekitar lingkungan Riau baik secara menyeluruh ataupun sebagian dan secara  otomatis meningkatkan promosi Green Radio 96,7 FM sebagai radio yang diminati di kota Pekanbaru.


Keywords


Radio, Streaming Content, Promotion

Full Text:

PDF

References


Aprilani, Aprilani. (2011). “Radio Internet dalam Perspektif Determinisme Teknologi”. Aspikom, Vol. 1 No.2. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v1i2.15

Ananda, Danil. (2019). “Upaya Green Radio 96,7 FM Pekanbaru dalam Meningkatkan Kualitas Penyiar Program Mahoni”. Program Studi Ilmu Komunikasi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Anwar, T. M. (2019). Phenomenology of Communication of Generation Z in Pekanbaru. Komunikator, 11(1), 9–17. https://doi.org/10.18196/jkm.111015

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Penelitian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kuswarno, Engkus. (2009). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Widya Padjajaran. Bandung.

Effendy, (2006). “Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek”. Rosdakarya, Bandung.

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Media Group.Jakarta.

Morrisan. (2009). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi,Prenada Media Group, Jakarta.

Ruslan, Rosady. (2013). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Severin, Wenny J and Tankard James, Jr. (2009). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa.Kencana. Jakarta.

Wardana, Ega. (2009). Sukses Menjadi Penyiar Radio Profesional: Panduuan Praktis Untuk Profesi Dunia Radio. Penerbit Andi. Yogyakarta.

West, Richard, and H. Turner, Lynn. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Praktek. Salemba Humanika. Jakarta Selatan.

Zainury, M.Ade. (2018). Pemanfaatan Radio Streaming Kiss FM dalam Menjaga Eksistensi Pendengar di Kota Medan, Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,

http://portalgreenradio.com/. Green Radio Sebagai Media Massa Penyebaran Informasi Berbasis Lingkungan. Diakses pada 21 Agustus 2019, Pukul 19.37 WIB.

https://instagram.com/greenradiopku?igshid=1l6rw2edbli7y diakses pada 04 April 2020 pukul 16.47 WIB, di Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id