PENERAPAN APLIKASI SIMKAH WEB KEMENTRIAN AGAMA DAN HUBUNGAN TERHADAP APRESIASI MASYARAKAT MENGENAI PELAYANAN PERNIKAHAN DI KUA KECAMATAN TUALANG

Aprilisma Aprilisma, Elfiandri Elfiandri

Abstract


Simkah web adalah sebuah inovasi terbaru dalam mengoptimalkan kinerja Kantor Urusan Agama. Rumusan masalah penelitian adalah adakah hubungan dari penerapan Aplikasi Simkah Web terhadap apresiasi masyarakat mengenai pelayanan pernikahan di Kua Tualang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan teknik sampel proportional random sampling. hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada hubungan penerapan aplikasi simkah web dengan apresiasi masyarakat indikator pelayanan dalam bentuk pengamatan memiliki hubungan positif  dengan nilai sebesar 0,457  dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, pada indikator pelayanan bentuk perbuatan dengan nilai sebesar 0,523 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, pada indikator pelayanan dalam bentuk perkataan dengan nilai sebesar 0,431dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, pada indikator  pelayanan bentuk pendapat/penilaian dengan nilai sebesar 0,511 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan hubungan penerapan aplikasi simkah web dengan apresiasi masyarakat mengenai pelayanan pernikahan di Kua Kecamatan Tualang memiliki hubungan positif  dengan nilai sebesar 0,635 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.


Keywords


Penerapan, Simkah Web, Apresiasi Masyarakat, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Buku

Alimuddin. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-press.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anwar, Dessy. (2002). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia.

Arikunto,Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badudu & Sutan Mohammad Zain. (2010). Efektifitas Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Baran, Stanley J & Dennis K. Davis. (2018). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.

Gazalba, Sidi. (1976). Masyarakat Islam Pengantar Sosiologi dan Sosiografi. Jakarta: Bulan Bintang.

Idris, Moh Ramulyo. (2002). Hukum Perkawinan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kementrian Agama RI. (2013). Buku Panduan Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI). Jakarta: Dirjen Bimas Islam.

Mardalis. (1995). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Munandar, M. Soelaiman. (2001). Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial, Bandung: Eresco.

Nugroho, Riant. (2003). Prinsip Penerapan Pembelajaran. Jakarta:Balai Pustaka.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rakhmat, Jalaludin. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Appoach). Yogyakarta: Deepublish.

Rusyana, Yus. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Diponegoro.

Salim, Peter & Yenny Salim. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Perss.

Sholichah, Nihayatus. (2017). Apresiasi Masyarakat Miskin terhadap Layanan Sosial Dasar Pemerintah, Jurnal Komunikasi Profesional, Vol 1 No 1 Juni.

Sugiarto, Endar. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Indsustri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suroto. (2014). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Suwiartha, Bayu. (2014). Apresiasi Remaja terhadap Matematik.Academia.edu.

Tanzeh, Ahmad. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Wahab. (2008). Tujuan Penerapan Program. Jakarta: Bulan Bintang.

West, Richard & Lynn H. Tunner. (2013). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Yazid, Yasril dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Yusuf, Mury. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Artikel Jurnal

Agustin,Yessy & Rahayu Amalia. (2019). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada KaNtor Urusan Agama Kota Palembang. Jurnal Bina Darma Conference on Computer Science.

Futtorahman. (2019). Apresiasi Masyarakat terhadap Layanan Taman Baca Ruang Publik Pabukan Prank Maca. Vol 3 No 1.

Halim, Andrean & Huzainsyahnoor Aksad. (2016). Aplikasi Penerapan Customer Satisfication Index pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat di Pegadilan Tinggi Kotabar. Jurnal Jutisi, Vol. 5, No. 3, Desember.

Juneldi, Rizel & Ramdani Wahyu Sururie. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Hukum Keluarga, Vol 1 No 2 September.

Kartini, Rijali Safrul. (2020). Efektivitas Penerapan Sistem Aplikasi SIMKAH Web di Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Vol 3 No 2, JAPB.

Riyadi, Fuad. (2018). Efektifitas Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam Implementasi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 di KUA Kecamatan Mejobo Kudus. Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, Vol 9 No 2 Juli-Desember.

Septa, Frandika & Anton Yudhana. (2019). Analisis Kualitas Layanan E-Goverment dengan Pendekatan E-Gov Qual Modifikasi. Jurnal Sistem Informasi Bisnis Vol 9 No 02.

Yasa, Al Abu bakar. (2019). Efektifitas Penerapan Simkah di KUA Syiah Kuala kota Banda Aceh, Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, Vol 3 No 1 Januari-juni.

Artikel dalam Internet

Badi’u Rajab, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank DKI Syari;ah. Pada tanggal 16 Desember 2020 diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/8317/1/BADI%27U%20RAJAB-FSH.pdf.

Artikel Surat Kabar

Diakses pada tanggal 15 Desember 2020 dari https://nasional.kontan.co.id/news/ini-deretan-keunggulan-aplikasi-simkah-web-yang-dirilis-kemnag.

Diakses pada tanggal 28 Desember 2020 dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--menyoroti-pelayanan-kua-di-masa-pandemi .

Diakses pada tanggal 28 Desember 2020 dari https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/operator-simkah-web-diharapkan-lebih-aktif-agar-data-selalu-update-dan-mutu-layanan-kua-semakin-baik.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i4.12745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id