STRATEGI HUMAS RSJ TAMPAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BPJS KEPADA MASYARAKAT UMUM

Riyandi Wispinaldi, Darmawati Darmawati

Abstract


BPJS merupakan fasilitas jaminan kesehatan yang diberikan kepada setiap masyarakat untuk menikmati layanan Rumah Sakit secara gratis dengan iuran perbulannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Dalam Memberikan Pelayanan BPJS Kepada Masyarakat Umum. Informan penelitian ini sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan datanya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Scoot M Cutlip . Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa Strategi Humas RSJ Tampan Dalam Memberikan Pelayanan BPJS Kepada Masyarakat Umum yaitu pertama, mendefenisikan masalah dilihat dari humas sebagai fasilitator terhadap permasalahan yang timbul, kedua perencanaan dan program Humas memberikan pel ayanan komunikasi secara Online maupun Offline kepada masyarakat , ketiga Aksi dan Komunikasi . keempat Evaluasi, Humas sebagai pengawas dan tindak lanjut dalam pelaksanaan program yang telah dilaksanakan dalam melayani masyarakat umum. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dilapangan bahwan Humas sudah menjalankan startegi yang baik dalam memberikan pelayanan BPJS kepada masyarakat umum.


Keywords


Strategi Humas, BPJS, Rumah Sakit Jiwa Tampan

Full Text:

PDF

References


Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Publik Dan Manajemen Publik, 1(1).

Darmawati, D. (2015). Hubungan Iklan Politik di Televisi terhadap Minat Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 di Desa Simalinyang RT 30 RW 12 Kabupaten Kampar. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3), 109–116.

Kost, K. M., & Sataloff, R. T. (2018). Voice disorders in the elderly. Clinics in Geriatric Medicine, 34(2), 191–203.

Miftahuddin, M., Zatrahadi, M. F., Suhaimi, S., & Darmawati, D. (2019). TAREKAT NAQSABANDIYAH SEBAGAI TERAPI GANGGUAN MENTAL (Studi di Desa Besilam Kabupaten Langkat Sumatera Utara). Sosial Budaya, 15(2), 77. https://doi.org/10.24014/sb.v15i2.6753

Nasution, J. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 68. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1085

Pada, S., & Telkom, P. (2011). (Studi Pada Plasa Telkom Malang). 1(2005), 23–29.

Pratama, M. H. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(3), 90–98.

Rumengan, D. S. S., Umboh, J. M. L., & Kandou, G. D. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu Suplemen, 88–100. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2014.11.019

Studi, P., Komunikasi, I., Ilmu, F., Universitas, K., & Pelayanan, M. (n.d.). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar Anak Agung Rai Tirtawati.

Winda Rahma Sari. (2019). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Lembaga Pada Badan Wakaf Al-Qur’an. In Ilmu Komunikasi Sosial.

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id