PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM @najwashihab DAN TERPAAN INFORMASI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGHADAPI COVID19.

Syahnidar Rahma Dwiani, Edy Prihantoro

Abstract


Instagram merupakan salah satu media sosial yang menjadi sarana penyedia informasi. Oleh  karena  itu  banyaknya  informasi  yang  tersebar  melalui  Instagram.  Dan  salah satunya mengenai COVID19,  yang dimana saat ini menjadi perbincangan saat ini. COVID19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2, dapat menyerang saluran pernafasan. Oleh karena itu, banyak diantaranya melakukan upaya-upaya memutus mata rantai COVID19. Diantaranya banyak para Public Figure dan Influencer yang memiliki kesadaran yang tinggi untuk menyikapi pandemi wabah virus COVID19. Salah satu Public Figure yang secara aktif menyuarakan pendapatnya untuk mengajak masyarakat membentuk sikap dalam menghadapi pandemi COVID19 ialah Najwa Shihab. Melalui media sosialnya Najwa Shihab sebagai platform dalam menjalin komunikasi di tengah pandemi COVID19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Instagram dan Terpaan Informasi terhadap pembentukan sikap followers @Najwashihab dalam menghadapi Pandemi COVID19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif paradigma positivisme dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunan media sosial dan Terpaan informasi disaat ini berpengaruh sangat besar terhadap Pembentukan Sikap, hal ini juga sejalan  dengan  teori  uses  and  gratifications  yang memiliki  asumsi  bahwa, pengguna media memainkan peran aktif dalam memilih dan menggunakan media. Pengguna media berusaha memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga menggunakan media dan bagaimana informasi dari media tersebut akan berdampak pada dirinya, tidak terkecuali seperti dalam menghadapi COVID19.

Keywords


Penggunaan media, Instagram, Terpaan Informasi, Pembentukan Sikap

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu

Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa.

Bambang Prasetyo, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif : Teori dan Aplikasi, PT. Raja

Grafindo Husada, Jakarta

Cervone, Daniel & Lawrence A. Pervin. 2011. Kepribadian : Teori Dan Penelitian. Jakarta:

Salemba Humanika.

Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing

Group.

Effendy, Onong Uchjana. 2014. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Edisi

Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba

Humanika

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id