PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI RUANGGURU DAN KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA

Berlian Ramadhaniati, Anis Nur Aulia, Edy Prihantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaaan  aplikasi ruangguru dan komunikasi orang tua anak terhadap prestasi akademik siswa kelas 3 SMAN 3 Cibinong.  Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner serta observasi siswa terlebih dahulu. Teori yang digunakan peneliti adalah teori Computer mediated communication  (CMC) dan teori perubahan (theory of change). Serta paradigma yang digunakan adalah positivisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi ruangguru dan komunikasi orang tua anak dapat berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa SMAN 3Cibinong. Variabel pengaruh intensitas penggunaan aplikasi ruangguru dan komunikasi orang tua anak mempunyai kontribusi yang besar terhadap prestasi akademik siswa SMAN 3 Cibinong dan sisanya pengaruh dari media lainnya. Saran dari peneliti adalah dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan secara akademis kepada siswa/I yang mengenal penelitian tentang pengaruh intensitas penggunaan aplikasi ruangguru dan komunikasi orang tua anak terhadap Prestasi Akademik siswa. Selain itu dengan penelitian ini diharapkan mampu mengukur ada atau tidaknya pengaruh aplikasi ruangguru serta komunikasi orang tua dan anak terhadap Prestasi akademik.

Keywords


Aplikasi ruangguru, komunikasi orang tua anak, prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahfiati, Tuti. 2012. Dasar- Dasar Teori Komunikasi, Makassar: Hasanuddin.

Beebe, A Steven, Susan J Beebe, dan Redmond V mark. 2006. Interpersonal Communication (Relating to Other). London: Allyn and Bacon.

Changara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Conville, L. Richard. 1998. The Meaning Of “Relationship” In Interpersonal Communication. Westport, CT: Praeger Publishers.

Daryanto., dan Rahardjo M. 2016. Teori Komunikasi, Yokyakarta: Penerbit Gava Media.

Devito, Josheph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Edisi ke-5. Ahli bahasa Agus Maulana MSM. Jakarta: Profesional Books.

McQuail, Denis. 2011, Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan, dan Andy Corry Wardhany. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prasetyo Bambang, dan Lina Miftahu Jannah. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif (teori dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali.

Samatan, Nuriyati. 2014. Teori Komunikasi 1, Jakarta: Gunadarma.

Sanaky, Hujair. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i5.10431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id