PARTISIPASI CITIZEN JOURNALISM DI MEDIA ONLINE TRIBUN PEKANBARU

Fadhilah Korik Atul Insaroh, Rohayati Rohayati

Abstract


Citizen Journalism kerap ikut andil dalam menyampaikan aspirasi di media massa. Hal ini serupa dengan Citizen Jounalism yang ada di meda online Tribun Pekanbaru, mereka mengirimkan peristiwa yang terjadi disekitar lingkungan ke media Tribunpekanbaru.com guna untuk menginformasikan kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Partisipasi Citizen Journalism di Media Online Tribun Pekanbaru. Bertujuan untuk mengetahui Bagimana Partisipasi Citizen Journalism di Media Online Tribun Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Tribun Pekanbaru menyediakan tempat untuk Citizen Journalism yaitu topik Citizen Report di laman Citizen Journalism, yang bertujuan  untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi maupun informasi yang ada di lingkungan sekitar. Dengan adanya tempat penyampaian aspirasi untuk Citizen Journalism kini media online Trbibun Pekanbaru memuat  250-300 berita pertahun khusus berita yang dikirim oleh Citizen Journalsm


Keywords


Partisipasi, Citizen Journalism, Tribun Pekanbaru

Full Text:

PDF

References


Anggito Albi, dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Annur Mutia Cindy Mutia. (2020). Pandan Yuhdapramesti, Pemaknaan Etika Jurnalisme Warga Oleh Jurnalis Warga NETCJ Wilayah Solo, Vol. 3 No. 2.

AR, M Fikiri. (2018). Sejarah Media Transformasi, Pemanfaatan, Dan Tantangan. Malang: UB Press.

Asmara Rini. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Vol 3 No 2.

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. (2017). Provinsi Riau Dalam Angka 2017. Pekanbaru: Badan Pusat Statistik Provinsi Riau.

Bajari, Atwar dkk. (2011). Komunikasi Kontekstual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

BR G, Grace Ebanta. Presepsi Mahasiswa Terhadap Citizen Journalism” (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik FISIP USU Terhadap Tayangan “Wide Shot” Di Metro TV Mengenai Citizen Journalism.

Data Driven Journalism. (2017). Tersedia dari: http://datadrivenjournalism.net/

Friend Cecilia And SingerB Jane. (2007).Online Journalism Ethics Traditions And Transition. Newyork: Routledge.

Hafsi, Nurul. (2007). Perkembangan CJ Di Indonesia,Forum 2.

Hidayatullah, Arief. (2016). Jurnalisme Cetak Konsep dan Praktik. Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta.

Kusuma Satria. (2016). Posisi Media CetakDi Tengah Perkembangan Media Online Di Indonesia. Vol.5, No 1.

Muchlis, F. (2017). Praktik Komunikasi dalam Pemberdayaan Orang Rimba di Taman Nasional Bukit Duabelas Provinsi Jambi. (Disertasi tidak diterbitkan). Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia.

Rogers, S. (2015). Data journalism in China. [Web log post] https://simonrogers.net/2015/06/28/data-journalism-in-china/

Sapto Adi Dodot, (2016). Jurnalisme Publik &Jurnalisme Warga Serta Perananya Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Dalam Proses Demokrasi. Vol.2 No 1.

Sartono. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Sekolah. Vol 12, No 1

Sukmawati. (2017). Partisipasi Citizen JournalismTerhadap Media Online Tribun Makasar.

Vera, Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahyu Prihartono Anton. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media. Vol.4 No 1




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i5.10360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id