PENGARUH INTENSITAS DAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUASAN MENDAPATKAN INFORMASI FOLLOWERS AKUN @soloinfo

Ratih Kusuma Ningrum, Edy Prihantoro

Abstract


Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati masyarakat dengan berbagai kepentingan yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan media instagram terhadap kepuasan mendapatkan informasi followers akun @soloinfo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Metode penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme dimana peneliti melakukan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Populasi dari penelitian ini adalah 400 followers Aktif @soloinfo. Teori  yang digunakan merupakan teori uses and gratifications dengan tingkat informasi, teori ini untuk mendapatkan informasi yang dicari audiens sehingga dapat menggunakan media tersebut yang dapat memuaskan, mendapatkan sosial, dan psikologisnya. Hasil Penelitian menunjukan bahwa intensitas menggunakan media Instagram berpengaruh terhadap kepuasan mendapatkan informasi bagi followers @soloinfo. Semakin sering followers @soloinfo mencari dan mendapatkan informasi dari akun @soloinfo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Intensitas dan Motif Penggunaan Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi secara simultan.


Keywords


Intensitas, Motif, Instagram, Kepuasan Mendapatkan Informasi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa.

Bambang Prasetyo, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif : Teori dan Aplikasi, PT. Raja Grafindo Husada, Jakarta

Cervone, Daniel & Lawrence A. Pervin. 2011. Kepribadian : Teori Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana. 2014. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.10320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id