فنّ تدريس مهارة الكتابة نسرول وليد

Nasrul Walid

Abstract


Bahasa Arab memiliki tempat yang khusus bagi kaum muslimin, yang mana bahasa Arab adalah merupakan Bahasa Ibadah. Hal ini dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa al-Qura`n dan al-Hadist. Adapunmempelajari bahasa Arab, merupakan sesuatu yang menjadi tuntutan bagi segenap kaum muslimin. Karena dengan memahami bahasa Arab yang merupakan Bahasa Ibadah, mereka mampu untuk dapat memahami al-Qura`n dan al-Hadist sebagai sumber pokok ajaran-ajaran Islam.

Dalam pembelajaran bahasa Arab sebagaimana bahasa-bahasa asing lainnya, terdapat beberapa kemahiran pokok dalam berbahasa yang mesti dimiliki oleh siswa ajar sebagai petunjuk dari hasil yang dicapai dalam sebuah pembelajaran bahasa, diantaranya : kemahiranmendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca serta kemahiran menulis.

Dari penguasaan terhadap empat kemahiran inilah yang akan menunjukkan bahwa siswa telah dianggap mampu menguasai suatu bahasa serta guru sebagai pengajar telah berhasil dalam menjalankan proses pengajaran bahasa. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam pencapaian ke empat kemahiran berbahasa tersebut, tentu kita tidak akan pernah terhindar dari beberapa kesulitan yang hendaknya dari kesulitan-kesulitan tersebutdapat menjadikan kita untuk terus bersemangat dan menunjukkan daya juang belajar dan mengajar yang tinggi terhadap bahasa sehingga kita dapat mampu untuk mencapaiapa yang menjadi tujuan dari sebuah pembelajaran bahasa. Dan guru sebagai pengajar hendaklah terus memotivasi siswa ajar serta membantu mereka untuk lepas dari kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi disaat pembelajaran bahasa berlangsung, maupun setelahpembelajaran bahasa dilaksanakan.

Dalam hal ini penulis hanya memaparkan tentang salah satu kemahiran berbahasa dari ke empat kemahiran berbahasa yang ada yaitu kemahiran menulis. Bagaimana cara pencapaian serta proses dalam mencapai kemahiran menulis ? Hal ini akan diungkapkan penulis dalam tulisannya : "Seni Pengajaran Kemahiran Menulis".

Dan tulisan ini dibagi menjadi beberapa pokok bahasan diantaranya : Pendahuluan, Pengertian Kemahiran Menulis dan Imla` dan Khat, Kegunaan Menulis dan Tujuan Pengajaran Kemahiran Menulis, Prinsip-prinsip Pengajaran Kemahiran Menulis, Petunjuk Umum dalam Pengajaran Kemahiran Menulis, Kesulitan-kesulitanMenulis, Contoh-contoh serta Kesimpulan.


Keywords


Seni; Pengajaran; Kemahiran Menulis

Full Text:

PDF

References


ابن منظور، لسان العرب، جـ 1 المؤسّسة المصريّة العامّة للتأليف والنشر، القاهرة

الدكتور رشدي أحمد طعيمة، تعليم العربية لغير الناطقين بها - مناهجه وأساليبه، الرياض، منشورات المنظمة للتربية والعلوم والثقافة، اسكو، 1410 هـ - 1989 م

أحمد فؤاد عليان، المهارات اللغويّة ماهيتها وطرائق تنميتها،دار المسلم، الرياض، ط 2، 1421 هـ - 2000 م

الدكتور صلاح عبد المجيد العربي، تعلّم اللغات الحيّة وتعليمها بين النظريّة والتطبيق، مكتبة لبنان

حسن جعفر الخليفة، فصول في تدريس اللّغة العربيّة (ابتدائ – متوسّط-ثانويّ)، مكتبة الرشد، الرياض، ط 4، 1425 هـ - 2004 م

دكتور محمود كامل الناقة، أساسيّات تعليم العربيّة لغير العرب، الخرطوم، 1978 م

زين العارفين، اللّغة العربيّة طرائق وأساليب تدريسها، مطبعة حيف، بادنج 2010

عبد الرحمن بن ابراهيم الفوزان، اعداد مواد تعليم اللّغة العربيّة لغير الناطقين بها، 1428 هـ

نيلي فطري، الإملاء العربيّ قواعده وذيله بالخطّ العربيّ، مطبعة هيفا، فادنج، ط 1، س 2008

H.M Abdul Hamid, M.A dkk, “Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media”, UIN-Malang Press, cet I, thn 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



J/E/A/L/T   ISSN 2407-0998 (Print) | ISSN 2407-1005 (Online)

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
JL. KH. Ahmad Dahlan No. 94 Pekanbaru
28128 PO BOX 1004
HP. 0852-4896-2008 Fax. (0761) 858832 Telp 0761-562223

Email : jealt@pusat-bahasa.info

Creative Commons License
Journal of English and Arabic Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jealt.

Flag Counter