https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/issue/feedIdarotuna2023-11-14T04:00:40+07:00Masdukimasduki@uin-suska.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah.</strong> Print ISSN <span><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1538127858&1&&" target="_blank">2654-4709</a>| </span>Online ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1538241297&1&&" target="_blank">2654-493</a>8 is a journal published by Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah accommodates those who have interests in the Management of Dakwah such as the lecturers, the experts, the practitioners, the students, and so on to communicate their thoughts through the research publications. This journal focuses on the scientific works of the management of dakwah including management of dakwah of institutions, Hajj management, Islamic traveling management, Zakat and Waqf management, and Islamic Management. The articles can be the result of field research or library research, theory analysis, and empirical assumptions related to the development of the Management of Dakwah study. Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah is published biannually in April and October. It is nationally accredited by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia (see <strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1u7NZ7IDKTVzoe4QvtbpbQBDM45hArhNk/view?usp=sharing" target="_blank">certificate</a></strong>). Submissions are open year-round. Before submitting, please ensure that the manuscript is in accordance with the journal’s <strong><a href="/index.php/idarotuna/pages/view/FocusandScope" target="_blank">focus and scope</a></strong> and follows our <strong><a href="/index.php/idarotuna/pages/view/AUTHORGUIDELINES" target="_blank">author guidelines</a></strong> & <strong><a href="https://drive.google.com/drive/folders/1maUetYhlRSGocJ5bbuEQBDcFEuI0snq8" target="_blank"><strong>manuscript template</strong></a>. </strong>The articles can be written in Bahasa Indonesia, Arabic, or English. </p><div style="text-align: justify;"><strong>Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah</strong> is accredited Sinta 4 and indexed by <a title="Scholar Idarotuna" href="https://scholar.google.co.id/citations?user=gPtjFjUAAAAJ&hl=en" target="_blank">Google Scholar</a>, <a title="GARUDA Idarotuna" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/19172" target="_blank">GARUDA</a>, <a title="MORAREF Idarotuna" href="https://moraref.kemenag.go.id/archives/journal/98984515036250859" target="_blank">MORAREF</a> dan <a title="Dimensions Idarotuna" href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?and_facet_source_title=jour.1391471" target="_blank">Dimensions</a>.</div><div style="text-align: justify;"><div class="ff1"><div><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><br /></span></span></span></span></span></span></div><div><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><br /></span></span></span></span></span></span></span><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><span class="l"><br /></span></span></span></span></span></span></div></div></div>https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/25535Personal Branding Dai Muda di Media Sosial: Pendekatan Konsep Unsur-Unsur Dakwah2023-11-14T03:35:08+07:00Muhammad Ronaydimuhammadronaydi29@gmail.com<span lang="EN-US">Artikel ini membahas tentang <em>personal branding</em> dai m</span><span lang="IN">uda</span><span lang="EN-US"> di media sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya aktivitas dakwah di media sosial yang dilakukan oleh tokoh-tokoh muda yang menyasar generasi m</span><span lang="IN">uda</span><span lang="EN-US"> dengan berbagai cara. Adapun tokoh yang menjadi </span><span lang="IN">studi kasus</span><span lang="EN-US"> dalam penelitian ini adalah Agam Fachrul, Husain Basyaiban, dan Ning Umi Laila. Oleh karenanya, dalam penelitian ini penulis berfokus pada <em>personal branding</em> yang dibangun oleh dai m</span><span lang="IN">uda</span><span lang="EN-US"> lewat akun media</span><span lang="IN"> sosial </span><span lang="EN-US">mereka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode</span><span lang="EN-US"> </span><span lang="EN-US">kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan netnografi.</span><span lang="IN"> D</span><span lang="EN-US">ata primer </span><span lang="IN">dalam penelitian ini </span><span lang="EN-US">di</span><span lang="IN">ambil </span><span lang="EN-US">melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agam Fachrul</span><span lang="IN"> merupakan dai yang memiliki <em>personal branding</em> sebagai dai muda yang inspiratif dan <em>fashionable</em></span><span lang="EN-US">. </span><span lang="IN">Begitupun </span><span lang="EN-US">Husain Basyaiban </span><span lang="IN">yang menampilkan <em>personal </em><em>brandingnya</em> sebagai dai muda yang gaul namun tetap taat</span><span lang="EN-US">. Sedangkan Ning Umi Laila </span><span lang="IN">me</span><span lang="EN-US">mbangun</span><span lang="EN-US"> </span><em><span lang="IN">personal branding</span></em><em><span lang="IN">nya</span></em><span lang="IN"> </span><span lang="EN-US">sebagai dai perempuan</span><span lang="IN"> muda yang mengajak para generasi muda untuk selalu bersholawat.</span>2023-10-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Idarotunahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/22880Takmir Masjid dan Otoritasnya: Pengelolaan Masjid di Pekanbaru2023-11-14T03:35:08+07:00Arya Arwandaaryaarwanda85@gmail.comM Agung Pramanaaryaarwanda85@gmail.com<span lang="EN-US">Dalam konteks pengelolaan masjid di perkotaan, otoritas takmir masjid sangat signifikan. Hal ini terlihat dari peran takmir yang tidak hanya sebatas pada pengelolaan kegiatan ibadah di masjid, tetapi juga menjawab berbagai persoalan keagamaan di masyarakat. Oleh karena itu, tulisan ini </span><span lang="IN">mengkaji tentang </span><span lang="EN-US">bagaimana </span><span lang="IN">takmir masjid</span><span lang="IN"> </span><span lang="IN">menjalankan otoritasnya </span><span lang="EN-US">sebagai pengelola kegiatan keagamaan di</span><span lang="IN"> masjid.</span><span lang="IN"> </span><span lang="IN">Artikel ini berupaya menjawab pertanyaan utama yaitu bagaimana takmir masjid menguatkan otoritas keagamaannya dalam kehidupan masyarakat dengan fokus pada pengelolaan masjid di Pekanbaru? Sedangkan pertanyaan lanjutan yang akan </span><span lang="EN-US">di</span><span lang="IN">eksplorasi yaitu bagaimana perkembangan takmir masjid dalam lanskap Indonesia s</span><span lang="EN-US">aat ini</span><span lang="IN">? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode etnografi</span><span lang="EN-US">. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui </span><span lang="IN">wawancara</span><span lang="EN-US">. Hasil </span><span lang="IN">penelitian ini menunjukkan bahwa </span><span lang="EN-US">takmir masjid membangun dan menguatkan otoritasnya melalui berbagai hal yaitu: <em>Pertama,</em> melakukan </span><span lang="IN">pembinaan </span><span lang="EN-US">tentang kemampuan membaca </span><span lang="IN">Alquran </span><span lang="EN-US">kepada masyarakat. <em>Kedua,</em> </span><span lang="IN">mengajarkan</span><span lang="EN-US">pengetahuan-pengetahuan umum tentang</span><span lang="IN"> Islam</span><span lang="EN-US">. <em>Ketiga,</em> menjawab </span><span lang="IN">persoalan-persoalan</span><span lang="IN"> </span><span lang="IN">keagamaan yang ada di masyarakat.</span><span lang="EN-US"> Hal ini menunjukkan bahwa terbentuknya otoritas takmir masjid sejalan dengan pola terbentuknya otoritas keagamaan arus utama seperti ustaz. </span>2023-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwahhttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/24459Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Dakwah di Madrasah Miftahul Huda Situbondo2023-11-14T03:35:08+07:00Norfaidi Anwarinorfaidia@gmail.comYusrin Yusrinyusrinhurman22@gmail.comFebri Ana Nurfanisafebriana.nurfanisa@gmail.comM. Seneng Al Jauzialjauzyc45@gmail.comSri Astutiksri.astutik@uinsby.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia yang masih kurang efektif di madrasah Miftahul Huda. Oleh karena itu, keberadaan manajemen dakwah sangat diperlukan dalam sebuah kegiatan dakwah. Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dakwah untuk mencapai tujuan madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil analisis yang disajikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengelolaan sumber daya manusia sebagai pelopor dalam berdakwah dengan menyesuaikan diri dengan manajemen dakwah. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dapat mendukung tercapainya tujuan madrasah, yaitu menyebarkan Islam dan membentuk masyarakat madani. Pimpinan madrasah menerapkan beberapa langkah dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan madrasah dalam berdakwah, seperti: rekrutmen dan seleksi; pelatihan dan pengembangan; motivasi dan kepuasan kerja; manajemen kinerja; komunikasi yang efektif; etika dan nilai-nilai agama serta evaluasi.</p>2023-10-31T09:58:18+07:00Copyright (c) 2023 Idarotunahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/24600Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja Sama2023-11-14T03:35:08+07:00Risca Putri Pratamariscapuput23@gmail.comFathurrohman Husenfathurrohman.husen@staff.uinsaid.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran bisnis haji dan umroh di PT Firdaus Mulia Abadi, dengan fokus pada upaya mempertahankan keunggulan kompetitif dan memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin kompleks. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dengan manajemen PT Firdaus Mulia Abadi, observasi, dan analisis dokumen terkait strategi pemasaran yang telah diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Firdaus Mulia Abadi telah mengadopsi strategi pemasaran yang berfokus pada komunikasi yang efektif dengan konsumen, peningkatan layanan berkualitas, dan penggunaan teknologi modern. Implementasi strategi pemasaran tersebut memberikan dampak positif terhadap kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT Firdaus Mulia Abadi, memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap perusahaan ini dan merasakan manfaat dari ibadah yang mereka lakukan. Selain itu, perusahaan ini juga berhasil membedakan diri dari pesaing dengan menawarkan nilai tambah yang unik, seperti penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan.</p>2023-10-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Idarotunahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/25865Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Penyebaran Syiar Islam Moderat2023-11-14T03:35:08+07:00Awaluddin - Awaluddinawaluddinrao29@gmail.com<em>Islam telah melewati berbagai fase dalam sejarah umat manusia. Kontekstual ajaran menjadikan Islam relevan digunakan dimana pun dan kapan pun. Kini Umat Islam dihadapkan pada sebuah realitas dimana keterbukaan informasi mengalami disrupsi. Oleh karena itu, strategi dalam menyebarkan dakwah Islam pun juga seharusnya mengalami pembaharuan. Salah seorang tokoh yang melakukan pembaharuan itu adalah Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Dai yang banyak digandrungi anak muda ini aktif berdakwah lewat media sosial menggunakan bermacam platform. Magister Tafsir Quran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga aktif menulis di media massa. Menggunakan metode kualitatif, artikel ini akan menganalisis strategi dakwah yang dilakukan oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar lewat Kanal Youtube “Jeda Nulis” dan akun Instagramnya “@husein_hadar”. Hasilnya menunjukkan bahwa dakwah digital yang dilakukan berkembang sangat pesat, konten-konten yang dibuat semakin menemukan market yang lebih spesifik, yaitu anak muda. Dengan menyampaikan dakwah Islam yang moderat, membuat Islam ramah semakin banyak di akses oleh mereka yang selama ini jarang tersentuh dakwah.</em>2023-10-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Idarotunahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/26019Pengembangan Metode Dakwah Tarekat Bagi Remaja di Indonesia2023-11-14T04:00:40+07:00Rian Hidayatrian.bmmt@gmail.comRinita Rosalinda Dewirinitarosalindadewi@upi.edu<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan metode dakwah tarekat bagi remaja di Indonesia khususnya di Kecamatan Samarang-Garut. Tarekat Tijaniyah salah satu Tarekat yang Muktabarah di Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan dakwah oleh pihak Tarekat Tijaniyah bagi remaja di Kecamatan Samarang-Garut dilakukan dengan berbagai metode yaitu pendekatan personal, pendekatan dalam pendidikan, pendekatan media cetak, pendekatan media digital, dan pendekatan seni marawis; 2) Pelaksanaan dakwah Tarekat Tijaniyah dimanifestasikan pada lingkup keluarga besar Tarekat Tijaniyah (Ijtima) dan pelaksanaan dalam lingkup umum (media); 3) Pengembangan internal berupa pembinaan secara intensif di tiap-tiap daerah murid-murid Tarekat Tijaniyah, penjadwalan tugas-tugas muqaddam untuk membina dan mengisi materi-materi pengajian di tempat-tempat hailalah secara bergiliran, penataan administrasi Tarekat Tijaniyah, dan pengembangan hubungan eksternal dijalin dengan pemerintah dan organisasi sosial-politik.</p>2023-10-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Idarotuna