Intensitas Menonton Video Dakwah melalui Media Platform Online dengan Tingkat Religiusitas

Pipir Romadi

Abstract


Religiusitas merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan individu. Religiusitas merupakan keyakinan yang berisi nilai-nilai dalam memedomani kehidupan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan religiusitas adalah dengan menonton video dakwah melalui media platform online secara intens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas menonton video dakwah melalui media platform online dengan tingkat religiusitas pada mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa UIN Suska Riau. Sampel berjumlah 100 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala Intensitas Menonton dari teori Ajzen (2005) dan Skala Religiusitas Muslim dari teori Mohd Mahudin, N. D., dkk (2016). Metode analisis menggunakan korelasi rank spearman dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,494 dan p=0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas menonton video dakwah melalui media platform online berhubungan dengan tingkat religiusitas pada mahasiswa.


Keywords


Platform Online; Religiusitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2.9994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




     


Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id