IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DAKWAH DALAM MANAJEMEN PEMASARAN DI BANK BNI SYARIAH PEKANBARU

Syahril Romli, Arwan Arwan, Muhammad Irham

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan perbankan syariah sebagai lembaga ekonomi syariah dalam mengimplementasikan nilai-nilai dakwah dalam aktivitasnya. Terutama aktivitas manajemen pemasaran belum diimplementasikan secara maksimal. Implementasi nilai-nilai dakwah adalah penerapan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan al-hadits. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Kepala bagian Pemasaran Bank BNI Syariah Pekanbaru dan beberapa orang karyawannya serta ditambah beberapa orang Nasabah. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis secara deskriptif kulaitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi nila-nilai dakwah dalam manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru telah mengacu kepada nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam aktivitas manajemen pemasaran syariah berdasarkan konsep keteladanan dari sifat Rasulullah SAW yaitu shiddiq, fathanah, amanah, tabligh dan istiqamah. Kelima nilai tersebut telah diimplementasikan dalam setiap aktivitas manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru, baik dalam proses pemilihan produk, penentuan harga, distribusi maupun proses promosi.

 

Keywords: Impementasi Nilai-nilai Dakwah, Manajemen Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Al Arif, M. Nur Rianto, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung : Alfabeta, 2012).

Alma, Buchari, ManajemenPemasarandanPemasaranJasa, (Bandung :Alfabeta,2014).

Amin, Munir, Syamsul, RekonstruksiPemikiranDakwah Islam,( Jakarta : Amzah, 2008).

Angipora,P. Marius, Dasar-dasarPemasaran : EdisiRevisi, (Jakarta : Raja GrafindoPersada, 2002).

Assauri, Sofjan, ManajemenPemasaran :Dasar, KonsepdanStrategi( Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada, 1996).

Aziz, Moh.Ali, IlmuDakwah, ( Jakarta : Kencana, Cet.1, 2004).

Basit, Abdul, FilsafatDakwah, ( Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada, 2013).

Bungin, M.Burhan, PenelitianKualitatif :Komunikasi, Ekonomi, KebijakanPublikdanIlmuSosialLainnya (Jakarta:Prenada Media Group, 2007).

Departemen Agama Republik Indonesia, al-Qur’an danTerjemahnya( Semarang : PT. KaryaToha Putra Semarang, tt).

Ikhwan,Muhammad , Nilai-nilai Dakwah Islam dalam Ideologi Partai Keadilan Sejahtera Kota Pekanbaru, (Pekanbaru : Skripsi, 2013).

Kasmir, ManajemenPerbankan( Jakarta : Rajawali Pers, 2012).

Muhammad, Abdu, Dwiono Koesen Al Jambi, Ayo ke Bank Syariah, (Jakarta : Pustaka Ar Rayhan, 2016).

Umam, Khaerul, ManajemenPerbankanSyari’ah( Bandung : Pustaka Setia, 2013).

Nitisemito, S. Alex ,1.647 Dialog Bisnis dan Manajemen, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2001).

Munir. M, WahyuIlaihi, Manajemen Dakwah, (Jakarta : Prenada Media Group, 2006).

Perwaatmadja, Kramen , Muhammad Syahpantonio, Apa dan Bagaimana Bank Islam, (Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, 1992).

Prestasi Bank BNI Syariah dalam http://www.bnisyariah.co.id/awards, (diakses tanggal 05 November 2016).

Prestasi Bank BNI Syariah Pekanbaru dalam http://www.bnisyariah.co.id/en/bni-syariah-kantor-cabang-syariah-pekanbaru-mendapatkan-award, (diakses tanggal 05 November 2016).

P. Usanti, Trisadini, Abd. Shomad, Transaksi Bank Syariah, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2013).

Salim, Peter, Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, (Jakarta : Modern English Press, 1995).

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2012).

Tim Penyusun Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia :Edisi Ketiga, ( Jakarta : Balai Pustaka, 2005).

Wawancara dengan Aulia Eka A. selaku SME Account Officer, pada tanggal 08 November 2016.

Yusanto, Muhammad Ismail, Muhammad Karebet Widjaja kusuma, Menggagas Bisnis Islami, (Jakarta :Gema Insani Press, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v1i1.6075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.