STRATEGI DAKWAH BERBASIS MEDIA ELEKTRONIK DI PERSATUAN MUBALIGH DUMAI (PMD) KOTA DUMAI

Perdamaian Perdamaian, Kodarni Kodarni, Dony Arung Triantoro

Abstract


Media elektronik sebagai media dakwah masih kurang diperhatikan oleh lembaga-lembaga dakwah. Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) sebagai salah satu lembaga dakwah yang memanfaatkan media elektronik sebagai media dakwah juga kurang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi dakwah berbasis media elektronik di Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) Kota Dumai. Informan penelitian ini berjumlah delapan orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi. Dengan analisis kualitatif dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah berbasis media elektronik di Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) Kota Dumai yaitu; Pertama, melakukan kerjasama dengan radio Ar-Rahman 102,2 FM, Dumai Vision dan Dumai Dokumentasi TV untuk ceramah langsung dan peliputan kegiatan PMD; Kedua, Memetakan mad’u Ketiga, melakukan kegiatan workshop,  pelatihan kader,  muzakarah, sertifikasi da’i dan membiasakan da’i berdakwah secara langsung di radio dan televisi dengan dibimbing oleh para pakar dakwah; Keempat, perumusan materi dakwah di media elektronik, yaitu dengan membuat tim yang ditunjuk oleh pengurus harian PMD dengan dibantu oleh para pakar dakwah serta materi dakwah yang disusun adalah materi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat; Kelima, pelaksanaan dakwah yang terkordinir, yaitu dakwah dilakukan sesuai dengan jadwal dan materi yang telah ditentukan, serta diawasi oleh Biro Pengembangan Dakwah (PMD), Kantor Urusan Agama Kota Dumai, Kementerian Agama Kota Dumai dan masyarakat.Akhirnya, bahwa strategi dakwah berbasis media elektronik di Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) Kota Dumai sudah efektif, namun pelaksanaannya perlu dioptimalisasikan lagi.

 

Keywords: Strategi, Dakwah, Media Elektronik.


Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. Ilmu dakwah, (Jakarta:Amzah, 2013).

Ardianto, Elvinaro dkk.Komunikasi Massa edisi Revisi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2007).

Arifin, Anwar.Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).

Arifin, Muhammad. Dakwah Multi Media:Terobosan baru Bagi Para Da’i, (Surabaya: Graha Ilmu Mulia, 2006).

Effendi, dikutip dari Rafi’ Udin, Prinsip dan Strategi Dakwah, (Bandung: Pustaka Media, 1992).

Hartono, Toni dkk. Komunikasi Dakwah, (Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2011).

Hasil observasi dengan beberapa masyarakat Kota Dumai pada tanggal 15 Mei 2016, Pukul 16.00 WIB.

Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah, (Bandung: Syaamil Quran, 2010).

Muhtadi, Asep Saeful. Komunikasi Dakwah Teori, Pendekatan, dan Aplikasi, (Bandung:Simbiosa Rekatama Media, 2012).

Munir, M dan Wahyu Ilaihi. Manajemen Dakwah, (Jakarta:Kencana, 2015).

Nilasari, Senja Nilasari. Manajemen Strategi itu Gampang, (Jakarta: Dunia Cerdas, 2014).

Prawirosentono, Suyadidan Dewi Primasari.Manajemen Stratejik dan Pengambilan Keputusan Korporasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Suhandang, Kustadi. Strategi Dakwah Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2014).

Syukir, Asmuni. Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983).

Tamburaka, Apriadi. Literasi Media, (Jakarta:Rajawali Pers, 2013).

Tohirin. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2012).

Daftar Jurnal :

Ahmad Atabik, “Prospek Dakwah melalui Media Televisi”, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam Vol.1, No.2 (Juli-Desember 2013).

Eva Maghfiroh, “Komunikasi Dakwah: Dakwah Interaktif melalui Media Komunikasi”, Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol.2, No.1 (Februari 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : idarotuna@uin-suska.ac.id