UPAYA IKMI KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA DAKWAH

Imron Rosidi, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan media yang tidak diikuti oleh upaya serius lembaga-lembaga dakwah di Indonesia dalam memanfaatkan kemajuan media tersebut. Penyampaian dakwah semestinya tidak hanya dengan metode ceramah tatap muka, namun juga  dikemas dengan memanfaatkan penggunaan media. Penelitian ini menemukan bahwa upaya IKMI Kota Pekanbaru dalam pengembangan media dakwah adalah dengan menggunakan beberapa media yaitu Pertama: Pengembangan media auditif (radio), Kedua: Pengembangan media visual (buletin dan buku) dan Ketiga: Pengembangan media baru internet (facebook dan website). Namun pada saat ini IKMI Kota Pekanbaru lebih fokus menggunakan media radio dan buletin untuk pengembangan dakwah. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki IKMI dalam menggunakan media-media lain, seperti internet.

 

Kata kunci: Upaya, IKMI Kota Pekanbaru, Media Dakwah.


Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, (Jakarta: Amjah, 2008)

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2004)

Morissan, Komunikasi Massa, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010)

MnQueali, Denis, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika, 2011)

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian, (Jakarta : Kencana, 2010)

Idrus, Muhammad, Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: Penerbit Erlangga, 2009)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Asep Yamsul, Jurnalistik DakwahVisi dan Misi Dakwah Bilqolam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003)

Morissan, dkk, Teori Komunikasi Massa, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010)

Muhyiddin, Asep, Metode Pengembangan Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia, 2002)

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta, PT Grafindo Persada,2011)

An-Nabiry, Fathul Bahri, Meniti Jalan Dakwah, (Jakarta: Amjah, 2008)

Abri, Ali,dkk, Study Ilmu Dakwah, (Pekanabaru: Suska Press,2008)

Aripudin, Acep, Pengembangan Metode Dakwah, (Jakarta: Cendekiawan Muslim, 2011)

Yusuf, Yunan, Metode Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2009)

Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983)

Hartono, Toni,dkk, Komunikasi Dakwah, (Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2011)

Mubarak, Achmad, Psikologi Dakwah, (Jakarta: Rahmat Semesta, 2009)

Abdul, Rachman, Komunikasi Massa, (Yogyakarta: Pandiva Buku, 2014)

R.Terry, Geory, Prinsip-Prinsip Manajemen, (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 1993)

Aziz, Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2004)

Supranto, Johannes, Sampling dalam Auditing, (Jakarta : Rajawali Pers, 2007)

Arifin, Muhammad, Dakwah Multimedia, (Surabaya: Graha Ilmu Mulia, 2006)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1991)

Onong Uchjana Effendy, Radio Siaran: Teori dan praktek, (Bandung : Bandar Maju, 1990)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : idarotuna@uin-suska.ac.id