STRATEGI DAKWAH BERBASIS SOCIAL NETWORK (TINJAUAN MAJELIS DAKWAH AL-BAHJAH CIREBON)

Artis Artis, Zoko Syahputra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dakwah berbasis social network yang merupakan fenomena baru dalam dunia dakwah di era modernisasi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik perbandingan tetap (constant comparative method). Penelitian ini menemukan bahwa strategi dakwah Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network telah tersistem dengan baik. Juru dakwah (da’i) dalam kegiatan ini adalah Abuya Yahya Zainul Ma’arif sebagai da’i utama dan didukung oleh da’i lainnya di Tim Dakwah Al-Bahjah. Pemetaan kondisi umat (mad’u) di social network dilakukan melakukan pengklasifikasian terhadap pengguna sosial media kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Perumusan materi dakwah (maddah) meliputi akidah, ibadah dan muammalah yang termaktub didalam Al-Qur’an, Hadits maupun Ijma’ ulama. Ditambah dengan materi-materi fenomenal atau tranding topic yang berkembang. Penyampaian materi dakwah (mawdu’) lebih cenderung menggunakan metode bil-qalam dan metode bil-lisan yang sesuai untuk dakwah berbasis social network.

 

Keywords: Strategi Dakwah, Social Network, Majlis Dakwah al-bahjah


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial,(Yogyakarta: PLP2M, 1983).

Ahmad, Fadil Ibnu, Dakwah Online:Asyiknya Meraup Pahala di Dunia Maya, (Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2014).

Al-Baghdadi, Abdurrahman, Dakwah Islam dan Masa Depan Umat,(Bangil: Al-Izzah, 1997).

Al Barry, M. Dahlan, tt.Kamus Ilmiah Populer,(Surabaya: Arkola).

Al-Hasani, Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki.Al-Qudwah Al-Hasanah fi Manhaj Ad-Da’wah, (Jakarta: Amzah,2006).

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa.Tafsir Al-Maraghi,(Beirut: Darul Fikr, 2006).

Al-Qathani, Sa’id, Menjadi Da’i yang Sukses, (Jakarta: Qisthi Press, 2005). Jilid V.

Anis, Ibrahim, Al-Mu’jam al-Wasith, (Mesir: Dar’l Ma’arif, 1972), Jilid ke-1, cet. ke- 2.

Arifin, Anwar, Strategi Komunikasi,(Bandung: Armico, 1989).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006 ).

As’ad Yasin, dkk, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, (Jakarta: Gema Insani Press,Jilid ke-14, 2004).

As, Enjang,Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009).

Aziz, Ali, Ilmu Dakwah Edisi Revisi, (Jakarta: Kencana, 2009).

Badadu JS Zain, Sutan Muhammad,Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994).

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997).

Bisri, Cik Hasan, Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001).

Bungin, M. Burhan, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Prenada Media Group, 2007).

Djaliel, Maman Abdul, Prinsip dan Strategi Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 1997).

Enterprise, Jubilee, Buku Pintar Internet, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013).

Fatah, Rohadi Abdul Fatah, Manajemen Dakwah di Era Global(Jakarta: CV. Fauzan Inti Kreasi, 2003).

Ghazali, M. Bahri, Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1997).

Gulo W, Metodologi Penelitian, (Jakarta: PT. Gramedia, 2004).

Hadi, Soetrisno, Metodologi Research,Jilid I, (Yogyakarta: ANDI, 1980).

Hasjmy, A,.Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an, (Jakarta: Bulan Bintang, 1974).

Hidayat, Taufik, Lebih Dekat dengan Facebook, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009).

Ilaihi, Wahyu Hefni, Harjani, Pengantar Sejarah Dakwah,(Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2008).

Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010).

Kementrian Agama RI, Mushaf Al-Qur’an Terjemah, (Bandung:Insan Kamil, 2007).

Masduki, Humanisme Spiritual: Paradigma Pengembangan Masyarakat Islam dalam Filsafat Sosial Hossein Nasr,(Jakarta: Referensi, 2014).

Muhiddin, Asep, Dakwah dalam Perspektif Alquran: Studi Kritis atas Visi, Misi, dan Wawasan, (Bandung: Pustaka Setia, 2002).

Muis , Komunikasi Islami, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001).

Munawir, Ahmad Warson, Kamus Al-Munawir Arab-Indoensia, Cet ke-14, (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997).

Munir, M. Metode Dakwah, ( Jakarta: Kencana,2006).

Munir, Samsul,.Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2009).

Nasution, Faruq,Aplikasi Dakwah dalam Studi Kemasyarakatan(Jakarta: Bulan Bintang, 1986).

Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007).

Nurhuda, Eko, Youtube:Cara Mudah Menjadi Populer dengan Internet. Yogyakarta: Andi Offset, 2012).

Nurrochman, Strategi Dakwah melalui Pemasaran Media Online pada Situs www.sahabataqsa.com, (Yogyakarta: Jurnal Skripsi, 2014).

Pimay, Awaluddin, Metodologi Dakwah Kajian Teoritis Khazanah Al-Qur’an. Semarang: Rasail, 2006).

Qutb, Sayyid, fi dhibah al Quran, (Cairo: Dar al Syuruq, Jilid IV, 1399 H/1979 M).

Ramdhani, Ahmad Mujahid, Strategi Dakwah Internet Situs www.alsofwah.or.id sebagai Sumber Informasi Islam,(Yogyakarta: Jurnal Skripsi, 2007).

Rauf, Abdul Kadir Sayid Abd, Dirasah Fid Dakwah Al-Islamiyah, (Kairo: Dar EL-Tiba’ah Al-Ahmadiyah, cet ke-1, 1978).

Saputra, Wahidin,Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1978).

Sasono, Adi, dkk, Solusi Islam atasProblematikaUmat: Ekonomi,Pendidikan dan Dakwah, (Jakarta: Fauzan, 1998).

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an,(Bandung: Alfabeta, 2008).

Suminto, R.H. Akib,Problematika Dakwah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995).

Suyanto, Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosia, (Jakarta: Kencana,2010).

Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam,(Makassar: Sarwah Press,2001).

Tasmara, Toto,Komunikasi Dakwah, (Jakarta: Gaya Media Pratama).

Thamrin, Husni, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, (Pekanbaru: LPPM UIN Suska Riau,Vol 11, 2008).

Tohirin, Metode Penelitain Kualitatif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Udin, Rafi dan Djaelani, Maman Abdul,Prinsip dan Strategi Dakwah,(Jakarta: Pustaka Media, 2001).

Umar, Toha Yahya, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Wijaya, 1971).

Yani, Ahmad, Materi Dakwah Pilihan,(Jakarta: Prenada Media Group,2006).

Yaqub, Ali Mustafa, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi,(Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997).

Ya’cub, Hamzah, Publistik dan Islam,(Bandung: Diponogoro, 2001).

Zainab, Siti, Harmonisasi Dakwah dan Komunikasi, (Banjarmasin: Antasari Press, 2009).

Artikel Online :

Buya Yahya “beranda akun” dalam https://twitter.com/buya_albahjah (Diakses pada tanggal 15 November 2015).

Buya Yahya Menjawab “Menyikapi Fenomena Islam Nusantara” dalam https://www.youtube.com/watch=?XYBiWe3HirU(Diakses pada tanggal15 November 2015).

Buya Yahya “Merenungi Ciptaan AllahSWT” dalam https://www.youtube.com/watch=?Ddq82ggkg7A (Diakses pada tanggal 15 November 2015).

Fadli, Chairul.“Pengertian Social network”dalam https://chairulfadli86.wordpress.com/tag/pengertian-social-network/ (Diakses pada tanggal 06 April 2015).

Iray, Wisnu.“Pengertian Sosial Media, Sosial Network, Peran dan Fungsinya”dalamhttps://www.facebook.com/notes/wisnu-iray/pengertian-social-media-social-network-peran-serta-fungsinya/10151963078035205 (Diakses pada tanggal 06 April 2015).

Pemerintah Kabupaten Cirebon “Profil Daerah Letak dan Keadaan Geografis” dalamhttp://www.cirebonkab.go.id/en_US/sekilas-kab-cirebon/letak-geografis (Diakses pada tanggal 16 Oktober 2015).

Setiawan, Ade. “Dakwah dalam Cyber Media (Social Network)” dalam http://adesmedia.blogspot.com/2013/02/dakwah-dalam-cyber-mediasosial-network.html (Diakses pada tanggal 02 Mei 2015).

Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon, “Deskripsi Singkat Fans Page Facebook”https://www2.facebook.com/Majelis.AlBahjah.Cirebon/info?tab=page_info (Diakses pada tanggal 28 Maret 2015).

Tim Dakwah Al-Bahjah “Profil Pergerakan Dakwah Al-Bahjah” melalui website resmi dalamhttp://albahjahonline.com/index.php/tokoh/item/60-sebuah-perjuangan-melahirkan-generasi-mulia (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2015).

Daftar Wawancara :

Alyoga Pratama, Anggota Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.

Muhammad Romli Jamali, Ketua Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.

Medi Mukhtayasar, Anggota Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.

Nail Mafahim, Anggota Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.

Randi, Anggota Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.

Riski Akbar Sholeh, Anggota Tim Dakwah Al-Bahjah Cirebon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : idarotuna@uin-suska.ac.id