Komunikasi Dakwah dan Fenomena Demonstrasi Anarkis di Makassar

Suharto Suharto, Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji metode komunikasi dakwah dalam meminimalisir demonstrasi anarkis dan mengkaji faktor-faktor  yang menghambat komunikasi dakwah terhadap fenomena demostrasi anarkis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersumber datanya diambil dari berbagai literatur dan dianalisis berdasarkan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  metode komunikasi dakwah yang tepat digunakan dalam rangka meminimalisir demonstrasi anarkis adalah melalui dakwah bil hikmah, al mauidzah dan al mujadalah. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat komunikasi dakwah terhadap fenomena demonstrasi anarkis adalah aparat keamanan yang bertindak refresif bersiafat, politisasi gerakan dan tindakan propaganda dan provokasi. Implikasi penelitian ini adalah seyogyanya pada setiap demonstrasi sebaiknya mengedepankan akal sehat agar tidak terjadi anarkis.


Keywords


Komunikasi Dakwah; demonstrasi; anarkis.

Full Text:

PDF

References


Abdussalam. (2006). Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Jakarta: Restu Agung.

Sapari, A & Kurniat, N. T. (2008), Gambaran Agresivitas Aparat Kepolisian yang Menangani Demonstrasi. Jurnal Psikologi. Volume 1, No. 2, Juni 2008.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Chomsky, N. (1970). “Introduction”. Kata Pendahuluan untuk buku Daniel Guérin, Anarchism From Theory to Practice. London: Monthly Review Press.

Hasse, J. (2012). Anarkisme Demonstrasi Mahasiswa: Studi Kasus Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jurnal Studi Pemerintahan Vol.3 No.1 Februari.

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3869107/sara-adalah-isu-sensitif-berikut-arti-dan-penjelasannya

Kementrian Agama RI. (2009). Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema.

Kosasi, A & Ilyas, M. (2013). Pseudo Gerakan Mahasiswa. Jakarta: Insan Madani.

Munir, M. & Ilaihi, W. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Muriah, S. (2000). Metode Dakwah Kontemporer. Jakarta: Mitra Pustaka.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Ismail, A. I & Hotman, P. (2013), Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam: Prenada Media Group.

Seha, S. (2012). Paradigm Dakwah Menata Ulang Penerapan Dakwah di Indonesia. Makassar: Alauddin University Press.

Shoelhi, M. (2012). Propaganda dalam Komunikasi Internasioanl. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sukayat, T. (2015). Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mmabadi Asyarah. Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Tike, A. (2011). Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam. Makassar: Alauddin University Press.

Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v3i2.12163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     


Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id