PARADIGMA PEMBELAJARAN EFEKTIF BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Febri Wahyuni, Herlinda Herlinda

Abstract


Paradigma pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan literasi budaya. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara formal dimulai ketika memasuki sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Secara keseluruhan formal masing-masing anak mendapatkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia selama 12 tahun. Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk meningkatkan kemampuan intelektual, dan dapat menghargai serta membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Guru sebagai pembimbing diharapkan mampu menciptakan kondisi dan suasana yang strategi yang dapat membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan cara belajar bahasa dan sastra Indonesia yang efektif diperlukan strategi yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan efektif.


Full Text:

PDF

References


A, Jamaluddin Gesrianto. 2017. Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Bosowa International School. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol. 1 No.1.

Abdurrahman, Mulyono. 2001. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, St. Hansniyati Gani. 2013. Prinsip- prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Al- Ta’did, Vol. 6 No. 1.

Anwar, Muhammad. 2017. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Jurnal Ekspose, Vol. 16 No. 2.

Ariyana dan Novi Anggraini. Paradigma Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Dosen Universitas Tanggerang.

Daulae, Tata Herawati. 2019. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Forum Pedagogik, Vol. 6 No. 2.

Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. 1 No. 1.

Fitriani, Anisya. 2019. Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 1.

Fitri, Anggi. 2018. Strategi Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 4 No. 1.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 1.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Muhammad Irwan Padli. 2016. Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning. Vol. 10 No. 1.

Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Nasution, Wahyudin. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Ramayulis. 1990. Metodologi Pengajaran Islam. Jakarta: Kalam Media.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Penyenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Santrock, Jhon W. 2008. Educational Psychology, Terjemahan Tri Wibowo B.S. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Setyowati, Punaji. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1 No. 1.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yusnawarni. 2014. Peran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Madah, Vol. 5 No. 2.

Yusuf, Bistari Basuni. 2017. Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 1.

Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid. 2005. Tadzkiyah: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.