PENGARUH ALOKASI DANA DESA TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN DESA PADA KAMPUNG MALADUK DISTRIK KLASAFET KABUPATEN SORONG

arce yulita ferdinandus

Abstract


Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh alokasi dana desa terhadap program pembangunan desa pada Kampung Maladuk Distrik Kalsafet Kabupaten Sorong, dengan menggunakan alat analisis kuantitatif, Dengan menggunakan alat analisa regresi linier sederhana maka, dapat diketahui pengaruh variabel Alokasi Dana Desa (X), terhadap Program Pembangunan Desa (Y). Dari hasil penelitian dan analisa data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa variable bebas yaitu Alokasi Dana Desa (X) berpengaruh positif terhadap variable terikat yaitu Program Pembangunan Desa. dapat diketahui bahwa hasil perhitungan r hitung semua lebih besar dari r tabel product moment (Pearson) yaitu pada df = (n-2) yaitu: 37 - 2 = 35, dan α = 5% sebesar 0.274. Hal ini berarti alat ukur dari variabel yang digunakan adalah valid. hasilnya adalah Y = 1.764+ 0.575 X + e Persamaan menunjukkan bahwa alokasi dana desa dipengaruhi oleh program pembangunan desa. Hal ini berarti bahwa pengaruh alokasi dana desa terhadap program pembangunan desa pada kampung Maladuk Distrik Klasafet Kabupaten Sorong sebesar 42,60%, sedangkan selebihnya yaitu 57,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. hasil uji parsial (uji t), dihasilkan t-hitung alokasi dana desa t- hitung 5,095 > t-tabel 1.689, artinya signifikan (df1 = 2 – 1 = 1 dan df2 = 37 – 2 = 35). Signifikan disini berarti Hipotesis diterima. Artinya, karena t-hitung > t-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh positif antara” alokasi dana desa terhadap program pembangunan desa pada kampung Maladuk Distrik Klasafet Kabupaten Sorong diterima”.

Keywords


keuangan desa dan pemberdayaan desa

Full Text:

PDF

References


A Saibani., Pedoman Umum Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, (Jakarta, Bee Media Pustaka, 2015). Ahli. http://rimaru.web.id

Ambar Teguh Sulistiani, Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan, (Yogyakarta:Gava Media, 2004).

Aprilia Theresia, Dkk. Pembangunan Berbasis Masyarakat, (Bandung, Alfabeta,2014).

Arifiyadi. 2008. Pengertian Akuntabilitas Menurut Pendapat Para Ahli. http://rimaru.web.id

Chabib Sholeh, Heru Rochansjah, Pengelolaan Keuangan Desa,(Bandung:FOKUS MEDIA , 2015).

Deddy Supriadi, Dadang Sholihin, Otonomi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah,(Jakarta:Gramedia Pustaka Utama,2003).

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. (2016). Kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No. 113 Tahun 2014. 7 Desember 2016. www.djpk.kemenkeu.go.id.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (2015). Pokok-pokok Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2016. 7 Desember 2016. www.djpk.kemenkeu.go.id.

Guy, BENVENISTE. 1991. Pengertian Akuntabilitas Menurut Pendapat Para




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v10i2.8463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :