EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Herlinda Herlinda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah evaluasi (1) kesesuaian kebijakan, tujuan, sasaran, dan kebutuhan latar belakang terhadap Standar Program PPM, (2) kesesuaian kesiapan SDM, memperlengkapi siswa, kesiapsiagaan masyarakat terhadap Standar Program PPM, (3) kesesuaian program implementasi yang direncanakan dan partisipasi masyarakat terhadap Standar Program PPM, (4) Kesesuaian pencapaian hasil penerapan Program PPM Positif Tematik terhadap Standar Program PPM. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana model yang digunakan adalah CIPP (Konteks , Input, Proses dan Produk). Hasil dari penelitian ini adalah (1) kebijakan, tujuan, tujuan, dan kebutuhan latar belakang sesuai dengan standar pelaksanaan, (2) kesiapan SDM, memperlengkapi siswa, kesiapsiagaan masyarakat sesuai pelaksanaannya. standar, (3) pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan pelaporan dan partisipasi masyarakat sesuai dengan standar pelaksanaan, (4) pencapaian res Penggunaan Program PPM Tematik Posdaya sesuai Standar Program PPM.


Keywords


Program Pelayanan Masyarakat Positif Tematik Berdasarkan Masjid, konteks, masukan, proses, produk.

Full Text:

PDF

References


Alkin Marvin C,and Christie Christina A., An Evaluation Theory Tree, dalamEvaluation Roots, California: Sage Publications, Inc, 2004.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,2009.

Arikunto, Suharsimi dan Safrudin Cepi, Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan ketiga, 2009.

Barbara A. Miller, Assesing Organizational Performance Higher Education, (San Fransisco : John Willey & Sons), 2007.

Craven Eugene, Evaluating Program Performance, dalam ImprovingAcademic Management,San Francisco: Jossey-Bass Inc, Publishers, 1980.

Chen Huey- Tsyh, The Roots of Theory-Driven Evaluation, dalam Evaluation Roots, California: Sage Publication. Inc, 2004.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Pedoman Program Pengabdian Masyarakat, Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2010.

Eti Rochaety – Pontjorini Rahayuningsih, Prima Gusti Yanti, SistemInformasi Manajemen Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2008.

LPM UIN SUSKA RIAU, Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Pemberdayaan Berbasis Masjid, 2012, Pekanbaru: UIN SUSKA Riau, 2012.

Farida Yusuf Tayibnapis, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian, Jakarta; Rineka Cipta, 2008.

Fitzpatrick Jody, Christie Christina, Melvin M. Mark, Evaluation in Action,Los Angeles: SAGE Publications, 2009.

George F. Madaus and Daniel L. Stufflebeam, Program Evaluation Program Evaluation dalam Evaluation Models Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation Second Edition, Boston: Kluwer Academic Publisher, 2006

Hartina tentang Pengaruh Evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Dosen Studi Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Nasional Jeneponto. Tesis Universitas Hasanuddin, 2015

Hikmat, Harry., Strategi Pemberdayaan Masyarakat (Edisi Revisi), Bandung: Humaniora Utama Press, 2004.

Huey-Tsyh Chen, The Roots of Theory-Driven Evaluation, Evaluation Roots (California: Sage Publication Inc),2004.

Ife, J. Tesoriero, F., Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Community Development, Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

I Gusti Ngurah Putrajaya, Nyoman Dantes, I Made Yudana tentang Studi Evaluatif Berbasis Model Context, Input, Process, Product Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Negeri 1 Masubud Pada Jurusan Multimedia. (e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Volume 3 Tahun 2013)

James C. McDavid, Laura R.L.Hawthorn, Program Evaluation & Performace Measurement, An Introduction to Practice (London: SAGE Publications), 2006.

Jamasy, O., Keadilan, Pemberdayaan, & Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta Selatan: Blantika, 2004.

Liunir Z, Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Keterampilan Kerumah tanggaan Dan Kepariwisataan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Lembang, Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia, 2006.

Madaus George F, and Kellaghan Thomas, Models, Methaphors, andDefinition in Evaluation, dalam Evaluation Models, New York: Kluwer Academic Publishers,2000.

Martinson Karin and O’Brien Carolyn, Conducting Case Studies, San Francisco: Josey-Bass,2010.

Marvin C. Alkin, Christina A. Christie, An Evaluation Theory Tree, dalam Evaluation Roots (California: Sage Publications, Inc, 2004

McDavid James C., and Hawthorn Laura R.L., Program Evaluation &PerformaceMeasurement, An Introduction to Practice, London: SAGEPublications, 2006.

Mukhneri Mukhtar, Manajemen Sistem, Jakarta: BPJM FIP UNJ, 2012.

Muchlis R. Luddin, Ologarki Kebijakan Pendidikan, Jakarta, PT. BinaBangsaNusanta, 2012.

Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Rosda, 2009.

Owen John, Program Evaluation, Form and Approach, Australia: Allen &Unwin, 2006.

Oxford Universiy, Oxford Advanced Leaner’s Dictionary of Current English, China: Oxford University Press, 2011.

Peter H. Rossi, My Views of Evaluation and Their Origin, dalam Evaluatioan Roots (California: Sage Publications. Inc), 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v8i2.4408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :