PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANISAZIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI PADA BPTPM KOTA PEKANBARU

Rony Jaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap Perilaku Kewarganegaraan Karyawan pada BPTPM Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti mengambil sampel secara random (random sampling) sebanyak 46 karyawan sebagai sampel dari 85 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana dengan menggunakan software SPSS versi 21. Hasilnya menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kewarganegaraan pegawai pegawai (OCB) di BPTPM Pekanbaru CIty. Kondisi ini menunjukkan jika komitmen organisasi meningkat, pegawai BPTPM Organizational Citizenship Behavior (OCB) juga meningkat. Variabel komitmen organisasi berkontribusi terhadap variabel perilaku Kewarganegaraan Organisasi sebanyak 65,2%. Dengan demikian, sisanya 34,8% merupakan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Full Text:

PDF

References


Budihardjo, Andreas. 2014. Organisasi Menuju Pencapaian Kinerja Optimum. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing

Darmawan, Didit , 2013. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya : Pena Semesta

Darto, Mariman. Peran Ornizational Citizhenship Behavior (OCB) Dalam Peningkatan Kinerja Individu di Sektor Publik: Sebuah Analisi Teoritis dan Empiris, Jurnal Borneo Administrator, Volume 10 No. 1, 2014.

Purba, Eflina Debora. Pengaruh Kepribadian dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), Makara, Sosial Humaniora, Vol. 8, No. 3, Desember 2004 : 105-111.

Sopiah, 2014, Perilaku Organisasional, Yogyakarta : Andi.

Sutrisno, Edi, 2013, Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta :Kencana.

Titisari, Purnamie, 2014. Peranan Organiszational Citizenship Behavior (OCB). Mitra Wacana Media: Jakarta.

Umar, Husein, 2003, Metode Riset Perilaku Organisasi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Waspodo, Agus AWS dkk, 2012. Pengaruh kepuasan kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Organiszational Citizenship Behavior (OCB) karyawan pada PT. Trubus Swadaya, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMS)| Vol.3, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v8i1.4404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :