IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI DISTRIK MAKBON KABUPATEN SORONG

Ratna Rosmauli Pakpahan, Yolanda Maria Osok

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat yang telah di lakukan termasuk program PNPM Mandiri perdesaan Sehubungan dengan itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pemberdayaan, mengetahui tahapan implementasi kebijakan PNPM mandiri perdesaan, dan untuk mengetahui dampak implementasi kebijakan program PNPM mandiri perdesaan terhadap pengentasan kemiskinan di Distrik Makbon Kabupaten Sorong. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif  kemudian di paparkan secara deskriptif. Jenis sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahap dalam proses pelaksanaan program PNPM Mandiri di Distrik Makbon Kabupaten Sorong  yaitu tahap pertama,pemberian sosialisasi kepada masyarakat dari tingkat Distrik, Kampung dan khusus perempuan. Tahap kedua Perencanaan dan penetapan prioritas usulan sesuai dengan gagasan yang disampaikan oleh masyarakat. Tahap ketiga penjaringan aspirasi masyarakat dalam mencari program yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Tahap keempat yaitu proses pelaksanaan program PNPM Mandiri. Dampak program PNPM terhadap pemberdayaan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan sudah signifikan baik dalam peningkatan produktivitas, pendapatan petani maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pelaksanaan PNPM mandiri di Distrik Makbon Kabupaten Sorong menunjukkan keberhasilan dan kriteria-kriteria dengan rata-rata baik.


Keywords


Implementasi, kebijakan, program, PNPM, pengentasan kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Badudu, (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Dwijowijoto, Ryant Nugroho. 2003.Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

______________________. 2006. Kebijakan Publik Untuk Negara-negara Berkembang ; Model-model, perumusan, implementasi dan evaluasi. Jakarta : Gramedia.

Jeremy Seabrook, 2006.Kemiskinan Global. Resist Book. Yogyakarta.

Limadudin Yuliadi, (2007), Perekonomian Indonesia, Cetakan Pertama Penerbit Fakultas Ekonomi UMY Yogyakarta.

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Jakarta : Visi Media

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v11i2.11409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :